Tips Beli Mobil Baru
Sabtu | 8 September 2018 | 21.25 WIB

Hallo.id, Jakarta - Keinginan membeli mobil baru kini tengah terbentur dengan dinamika nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dolar AS yang terus melemah. Namun, meskipun begitu, pasar mobil baru diprediksi tidak akan melemah secara signifikan. Hanya saja, para pembeli dihimbau untuk lebih selektif dan berhati-hati. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena bisa saja ada berbagai keuntungan di sana seperti misalnya diskon atau proses administratif yang tidak bertele-tele.

Berikut lima cara cermat membeli mobil baru yang dihimpun oleh Carmudi Indonesia.

1. Cari Tahu Detail Mobilnya

Setelah menentukan jenis mobil yang akan dibeli, hendaknya memperhatikan berbagai detail yang ada di dalamnya. Pilihlah lebih dari satu merek mobil baru dengan jenis yang sama, kemudian bandingkan berbagai spesifikasi dan fitur penunjang pada mobil-mobil tersebut. Agar lebih mudah, Anda bisa mengakses website resmi produsen mobilnya. Dari situ bisa melihat foto-foto mobil secara lengkap begitu juga dengan fitur yang ditawarkan sesuai dengan varian.

2. Kalkulasi Cicilan

Membeli mobil baru secara kredit sudah hal yang lumrah. Untuk mendapat gambaran cicilan perbulannya segera lakukan perhitungan terlebih dahulu, mulai dari down payment (DP) hingga tenor kreditnya. Untuk lebih jelas dan mudah, kini ada banyak juga website jual-beli kendaraan yang menyediakan mesin simulasi kredit mobil baru yang bisa dimanfaatkan. Setelah itu, tidak ada salahnya untuk membandingkan hitungan satu perusahaan pembiayaan dengan perusahaan pembiayaan lainnya.

Selain itu, disarankan juga untuk tidak mengajukan kredit lebih dari 5 tahun. Satu hal yang terpenting adalah adanya persiapan dana lebih untuk berjaga-jaga apabila ada kebutuhan mendadak.

3. Tukar Tambah Mobil Baru Dengan yang Baru

Salah satu cara meringankan cicilan kredit perbulan, bisa juga dengan cara menjual mobil lama Anda. Uang hasil penjualan itu nantinya bisa dipakai untuk membayar uang muka mobil baru, sehingga cicilan perbulannya menjadi lebih ringan. Bicara tips menjual mobil lama, ada beberapa hal sepele namun cukup vital, seperti membersihkan bagian interior dan eksteriornya, service mesin berkala, hingga perbaikan fitur yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Dengan begitu kemungkinan besar pembeli mobil bekas tidak akan menawar terlalu rendah.

4. Lakukan Test Drive

Jika sudah menentukan mobil baru mana yang akan dibeli tidak usah ragu lagi untuk mendatangi delaer resmi terdekat untuk melakukan test drive. Langkah ini sangat penting agar Anda dapat langsung merasakan sensasi mengemudikan mobil pilihan Anda sebelum membeli. Ini adalah cara paling balik ketika membeli mobil baru, daripada hanya melihatnya di website lalu melakukan pemesanan.

Jika sudah merasa cocok, jangan ragu bertanya kepada tenaga penjual soal ketersediaan warna, unit, bonus aksesori, hingga kapan mobil bisa diantar ke rumah.

5. Cek Harga di Beberapa Dealer

Jika semuanya sudah sesuai dengan keinginan Anda, saatnya fokus untuk mendapatkan harga mobil baru sesuai kemampuan. Tidak hanya satu, tanyalah harga mobil baru tersebut sekurang-kurangnya di tiga dealer berbeda di kota Anda. Tanyakan harga termasuk bonus aksesori, perlindungan cat, hingga garansi. Dengan perbandingan harga yang jelas, Anda bisa memutuskan di dealer mana sebaiknya membeli mobil.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.