Sistem Ganjil Genap
Kamis | 30 Agustus 2018 | 5.59 WIB

Hallo.id, Jakarta – Pelaksanaan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta - Palembang sudah mendekati akhir. Evaluasi dari pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan sejauh ini berjalan dengan sukses.

Perjalanan atlet-atlet Asian Games dari dan menuju venue pertandingan cukup lancar tanpa hambatan-hambatan berarti. Memenuhi target panitia penyelenggara tidak lebih dari 30 menit.

Disebutkan bahwa seluruh instansi terkait dan juga masyarakat Jakarta mendukung penuh sukses pelaksanaan Asian Games 2018 yang memang sudah dipersiapkan dengan sangat baik.

Dukungan masyarakat dalam bentuk tidak terlalu banyak melakukan perjalanan keluar rumah dan memilih angkutan umum sebagai kendaraan untuk bepergian memberi kontribusi cukup besar sukses tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi hal tersebut. Catatan waktu yang ditetapkan panitia bisa dipenuhi, jadi tidak ada satu hal yang kurang,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya.

Jauh sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018 pihak kepolisian didukung oleh stakeholder telah mensosialisasikan sistem sistem ganjil-genap kepada pengendara mobil dan truk. Kebijakan tersebut terpaksa diterapkan guna memperlancar perjalanan atlet Asian Games 2018.

Sebelumnya di informasikan bahwa kebijakan manajemen rekayasa lalu lintas mencakup perluasan sistem ganjil-genap di jalan arteri DKI Jakarta (sesuai usulan Dishub DKI Jakarta) dari semula hanya di Jl. M.H. Thamrin, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Gatot Subroto, diperluas hingga Jl. Benyamin Sueb, Jl. Ahmad Yani, Jl. D.I. Panjaitan, Jl. S. Parman, Jl. Rasuna Said, Jl, MT, Haryono dan Jl Metro Pondok Indah.

Kebijakan ganjil-genap berlaku bagi kendaraan pribadi mulai Senin sampai Minggu pukul 06.00-21.00 WIB.

Sukses tersebut membawa berkah tersendiri bagi warga Jakarta dengan munculnya wacana membatalkan penutupan beberapa ruas tol di Jakarta, termasuk pemberlakuan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan.

Budi juga menambahkan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan evaluasi mengenai pemberlakuan sistem ganjil-genap pada hari Minggu di Jakarta.

“Akan tetapi keputusan akhir ada di tangan panitia dalam hal ini Inasgoc yang memahami kebutuhan para atlet,” pungkasnya.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.