Atlet Sulteng Ikut Kejuaraan Dunia di Nepal
Rabu | 7 Februari 2018 | 17.11 WIB

Hallo.id, Palu - Ikal Rivaldi, seorang atlet asal Sulawesi Tengah ikut serta dalam kejuaraan dunia olahraga paralayang yang berlangsung di Nepal pada 4-9 Februari 2018.

Ketua Umum Pengda FASI Kabupaten Donggala Asgaf Umar di Palu, Rabu (7/2/2018), membenarkan salah satu dari sejumlah atlet paralayang asal daerah itu kini sedang mengikuti kejuaraan dunia paralayang di Nepal.

Menurut dia, hal itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Donggala dan Sulteng umumnya, karena bisa ikut mengirim atlet ke kejuaraan dunia.

Selain atlet Sulteng, katanya, juga ada tiga lainnya atlet nasional yang turut berlaga di kejuaraan dunia untuk nomor spesialis cross country.

Ikal, kata dia, akan mengasah kemampuanya bersama para atlet Indonesia lainnya dan dari berbagai negara, termasuk tuan rumah Nepal.

Asgaf yang juga atlet paralayang senior Sulteng yang sudah banyak pengalaman bertanding di dalam maupun luar negeri itu, mengatakan keberangkatan atlet asal Kabupaten Donggala pada kejuaraan dunia kali ini seluruhnya dibiayai oleh APBD Kabupaten Donggala.

"Jadi, biayanya ditanggung oleh Pemkab Donggala," kata dia.

Baik pemerintah daerah maupun Pengda FASI Donggala berharap Ikal bisa mengharumkan nama daerah dan Indonesia melalui kejuaraan tersebut.

"Harapan pertama kami adalah atlet Donggala itu bisa mengukir prestasi dan melakukan promosi berbagai objek wisata yang banyak tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Donggala dan Sulteng," katanya.

Selain itu, katanya, ia bisa menjadikan kejuaraan tersebut sebagai ajang untuk meningkatkan prestasi.

"Juga tentu promosi wisata dan tentu dengan keikutsertaannya di kejuaraan dunia kali ini dapat meningkatkan peringkat di tingkat internasional maupun nasional," katanya.

Ikal Rivaldi dengan nomor lesensip: PG 1141 dan ranting: PL2.

Ashaf yang juga adalah anggota DPRD Kabupaten Donggala itu, menambahkan jumlah atlet Kabupaten Donggala saat ini tercatat 27 orang. Semua atlet paralayang asal Kabupaten Donggala sudah memiliki lesensi terbang.

Seperti dikutip Antara, paralayang merupakan cabang olahraga yang diharapkan KONI Sulteng bisa memberikan kontribusi besar dalam perolehan medali pada PON XX/2020 di Papua. (ans)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.