Baterai Nissan Leaf
Senin | 16 Juli 2018 | 20.5 WIB

Hallo.id, Jakarta - Nissan bekerja sama dengan Eaton, BAM, The Mobility House dan the Johan Cruijff Arena. Kerjasama ini di dukung the Amsterdam Climate and Energy Fund (AKEF) dan Interreg.

Dalam hal ini, Nissan memasang sistem penyimpanan energi listrik hingga 3 megawatt, setara kekuatan 148 buah baterai Nissan Leaf di stadion bola Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda. 

Tidak sekadar membuat stadion terang benderang, tapi juga bisa dimanfaatkan warga sekitar stadion listrik agar listrik di rumah bisa tetap menyala saat terjadi pemadaman listrik. 

Stadion bola yang ada di kota Amsterdam, Belanda ini juga punya instalasi energi surya dengan 4.200 panel surya yang dapat mengisi daya listrik ke sistem baterai baru. 

Sehingga stadion kebanggaan klub Ajax Amsterdam ini menjadi stadion dan bangunan komersial yang punya sistem penyimpanan energi listrik terbesar di seluruh Eropa.

“Kami senang menjadi bagian dari sistem penyimpanan energi listrik terbesar di Eropa yang dikembangkan untuk bangunan komersial. Berkat Johan Cruijff Arena, kami dapat menunjukkan bahwa penggunaan baterai isi ulang yang diperuntukkan bagi kendaraan listrik Nissan dapat berkontribusi untuk membuat sistem energi keseluruhan lebih efisien dan awet. Kami menempatkan ekosistem listrik kami di jantung masa depan yang berkelanjutan. Mengubah cara kami berkendara dan juga mengubah cara hidup kami,” ujar Francisco Carranza, Managing Director Nissan Energy.

Selain Nissan, beberapa pabrikan otomotif juga pernah melakukan proyek penyimpanan energi listrik. Salah satunya adalah Mercedes-Benz dan BMW.

Mereka berhasil mengubah pembangkit listrik tenaga batu bara menjadi sistem penyimpanan energi listrik dengan baterai mobil listrik.

Sementara BMW juga menggunakan baterai kendaraan untuk proyek penyimpanan energi. Mereka menghubungkan lebih dari 500 baterai BMW i3 ke the UK National Grid untuk menciptakan proyek penyimpanan energi besar terbaru.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.