eCub2
Rabu | 29 Agustus 2018 | 8.12 WIB

Hallo.id, Beijing – Pemerintah China sudah mulai mendorong tren kendaraan berbasis penggerak listrik. Ini dilakukan mengingat semakin parahnya tingkat polusi di sana. 

Hal ini juga mendorong kreatifitas rumah modifikasi disana mencari jalan menciptakan motor yang sesuai dengan kebutuhan pemerintah China. 

Adalah rumah modifikasi bernama Shanghai Custom yang baru saja menciptakan motor listrik berbasis motor bebek jadul Honda Super Cub 70.

Shanghai Custom dengan punggawa asing yang dipimpin oleh Matthew Waddick asal Selandia Baru memproduksi perangkat untuk mengubah Honda Bekjul sebagai motor listrik. 

Ini mengingat masih banyak populasinya di China dan terancam jadi rongsokan bila pemerintah menetapkan larangan penggunaan motor bebek bermesin konvensional.

Maka muncullah eCub2 sebagai hasil dari karya rumah modifikasi yang berlokasi di Putuo, Shanghai tersebut. 

Honda Super Cub 70 ini mengalami pemangkasan besar-besaran, mulai dari seluruh mesin dan komponen bahan bakar di motor. Penyaluran tenaga ke roda belakang juga diubah, tidak lagi menggunakan rantai. 

Diganti lengan ayun atau swingarm alumunium yang dibuat secara khusus supaya bisa menyalurkan energi listrik pada dinamo di tromol roda belakang.

Memang, secara performa, eCub2 kini jadi lebih pelan larinya. Malah jadi terlihat seperti sepeda listrik yang bergaya old school.

Menjadi tambah tidak nyaman karena posisi pijakan kaki bergeser jauh ke belakang karena tidak ada lagi mesin sebagai penyangga pijakan.

Sumber tenaganya berasal dari baterai lithium-ion Panasonic 3,400 mAh yang terletak di bawah jok. Tenaga yang dihasilkan dari motor elektrik sebesar 1000 Watt dengan arus 3,7 Volt.

Disebutkan kemampuan motor ini bisa dikendarai hingga jarak 40 kilometer dengan kecepatan 45 km/jam sehingga cocok untuk perkotaan.

Lebih keren karena panel instrumen motor ini cukup memakai smartphone pengendara. Melalui suatu aplikasi tertentu, pengendara bisa mengetahui kecepatan, sisa daya baterai, lalu jarak tempuh yang sudah dilalui.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.