Asuransi Kendaraan (foto Cari Asuransi)
Kamis | 30 Agustus 2018 | 21.22 WIB

Hallo.id, Jakarta - Bagi sebagian orang, mengasuransikan mobil seperti hanya membuang uang. Nasabah asuransi harus bayar biaya bulanan yang relatif mahal. Namun, manfaat asuransi untuk kendaraan sebenarnya cukup besar saat terjadi musibah. 

Asuransi mobil mampu menyelamatkan pelanggannya dari pengeluaran yang lebih tinggi lagi untuk biaya perbaikan atau bahkan ganti rugi kehilangan. Begitu banyaknya perusahaan asuransi untuk kendaraan tentunya membuat para pemilik mobil kebingungan. 

Supaya tak salah pilih asuransi sebaiknya pemilik mobil harus lebih teliti dan selektif. Memilih perusahaan asuransi layaknya mencari rekan kerja yang cocok yaitu mampu memberikan pelayanan maksimal, dan bersedia menemani kapan saja.

"Pilih asuransi sebetulnya seperti pilih partner yang siap setiap saat 24 jam saat kita membutuhkan. Untuk itu pastikan perusahaan asuransi yang akan jadi partner kita kredibel secara brand, finansial, dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya," kata Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra.

Ia  menambahkan pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki call center yang selalu siaga ketika dibutuhkan. Kemudian cari tahu seberapa banyak cabang di miliki oleh perusahaan asuransi. Hal yang tak kalah penting yaitu pastikan perusahaan memiliki rekanan bengkel yang banyak dan tersebar di berbagai daerah. 

Dalam persoalan klaim asuransi, pemilik kendaraaan juga harus mencari perusahaan yang memberikan kemudahan. Jangan sampai proses klaim memakan waktu lama dan sampai merugikan. Hal yang tak  kalah pentingnya yaitu memiliki layanan darurat.

Jenis Asuransi Kendaraan

Ada dua jenis asuransi kendaraan yang sangat cukup familiar bagi pemilik kendaraan, sebut saja TLO (Total Loss Only) dan Comprehensive. Masing-masing produk asuransi punya perbedaan yang sangat mencolok, terutama dalam hal pelayanan.

Keuntungan yang di dapat oleh pemilik mobil jika memilih asuransi jenis TLO meliputi:

1. Risiko yang ditanggung, berupa kerugian atau kerusakan jika biaya perbaikan sama dengan atau 75 persen (total loss accident) kehilangan akibat pencurian (total loss stolen).

2. Usia kendaraan maksimal 15 tahun.

3. Disarankan untuk mobil yang berusia di atas 5 tahun, dan frekuensi penggunaan mobil rendah.

Adapun keuntungan dari  asuransi kendaraan jenis comprehensive antara lain:

1. Risiko yang ditanggung kerugian atau kerusakan ringan hingga berat yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis partial loss dan total loss

2. Usia kendaraan maksimal 9 tahun.

3. Disarankan untuk kendaraan baru sampai usia 5 tahun, frekuensi pemakaian mobil tinggi, nilai pertanggungan tinggi sehingga kerusakan kecil butuh biaya perbaikan yang besar.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.