Menghilangkan Bau Rokok
Rabu | 29 Agustus 2018 | 8.6 WIB

Hallo.id, Jakarta – Merokok di dalam mobil merupakan sebuah kebiasaan buruk yang banyak dilakukan orang. Tapi kebiasaan buruk ini berimbas pada ketidaknyamanan penumpang lainnya. 

Bau rokok akan selalu menempel di seluruh ruang kabin mobil tanpa terkecuali. Mulai dari karpet, jok, plafon hingga sistem sirkulasi udara. 

Untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut di dalam kabin mobil, banyak caranya :

Yang pertama adalah harus sering-sering membersihkan interior. Manfaatkan vacuum cleaner yang ada di rumah untuk menyedot kotoran dan debu hingga sela-sela terkecil di dalam kabin.

Fokuskan di bagian bawah karpet dan seluruh kompartemen, khususnya yang berada dekat tuas transmisi. Gunakan cairan pembersih dashboard. Dan jangan lupa kaca bagian dalam serta plafon juga harus dibersihkan.

Paling praktis bawa ke bengkel cuci mobil dekat rumah, biasanya tersedia paket khusus untuk membersihkan bagian interior. Tentu harganya berbeda dengan paket cuci biasa.

Habis cuci, berkendaralah dengan posisi seluruh kaca jendela mobil dalam keadaan terbuka. Hal ini penting untuk membuat sirkulasi udara di dalam kabin berjalan lancar dan bau rokok yang masih tersisa bisa terbawa angin.

Kalau masih belum hilang juga, lakukan upaya tambahan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang banyak ditemui di sekitar Anda.

Contohnya bubuk kopi. Orang banyak memilih pakai bubuk kopi karena dianggap ampuh menyerap berbagai macam bau dan punya aroma yang cukup nikmat. Caranya cukup dengan menyebar bubuk kopi (kering) ke bawah karpet dan jok.

Diamkan selama semalam atau maksimal 12 jam kemudian vacuum kembali untuk membersihkannya. Atau kalau tidak mau repot, gunakan wadah untuk menampung bubuk kopi lalu letakkan di beberapa tempat seperti di bawah jok dan bagian belakang.

Atau bisa juga menggunakan bubuk Kayu Manis. Bahan alami ini juga termasuk yang mudah ditemui di rumah, hanya saja untuk aplikasinya sedikit lebih ribet. 

Pertama tama ambil seperempat gelas bubuk kayu manis dan campurkan dengan setengah gelas cuka apel.

Lalu aduk kemudian masukkan ke dalam wadah tertutup. Sebelum dimasukkan ke dalam kabin, jangan lupa untuk melubangi tutup wadah tersebut agar aroma kayu manis bisa menyebar ke seluruh ruang kabin.

Pilihan selanjutnya bisa menggunakan daun Pandan. Karena wangi, daun Pandan sering dijadikan bahan kue. 

Caranya cukup sederhana, ambil beberapa lembar daun pandan, kemudian potong kecil-kecil. Selanjutnya disebar ke dalam mobil, tapi bila ingin rapi taruh di  beberapa wadah.

Bahan yang terakhir adalah bubuk Vanila. Memanfaatkannya, cukup bungkus bubuk vanilla dengan kain tipis lalu letakkan di bawah jok mobil. 

Selamat mencoba!

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.