Calon Wakil Presiden RI 2019, Sandiaga Uno saat mengunjungi perajin rotan di Cirebon, Jawa Barat.
Kamis | 11 Oktober 2018 | 16.50 WIB

Hallo.id, Cirebon - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Salahudin melanjutkan perjalanan menyerap aspirasi masyarakat di Kota Udamg Cirebon, Kamis (11/10/2018) dengan mengunjungi sentra produksi  Rotan H. Mulyadi. 

Para pengusaha rotan, salah satunya Pak Mulyadi berharap jika Prabowo dan Sandiaga Uno menjadi Presiden dan Wakil Presiden di 2019 bisa mengubah kebijakan atau regulasi ekspor bahan mentah rotan yang menyulitkan para pengrajin dalam mendapatkan bahan baku. 

BACA JUGA : Sambangi Ponpes Minhajurrosyidin, Prabowo Puji Produk Ekonomi Umat

“Rotan  begitu banyak menyerap tenaga kerja. Namun kebijakan ekspor bahan baku rotan membuat industri rotan terpukul. Banyak orang tidak kebagian pekerjaan. Industri  rotan di Cirebon dikerjakan  di rumah-rumah. Tapi sekarang banyak yang tidak kebagian,” jelas pengusaha rotan Mulyadi. 

Ibu Maria, pengrajin rotan mengingkapkan hal yang sama. Kesulitan mendapatkan bahan baku rotan. “Ini harus dibereskan pak deregulasinya. Termasuk hanya segelintir orang yang menguadai bahan baku rotan. Padahal di petani  bahan baku menumpuk. Ini ada permainan Pak,” kata Ibu Maria. 

Sandi berjanji akan menampung keluhan ini, dan akan memoerbaiki masalah tersebut jika terpilih. “In Shaa Allah jika terpilih kami akan membuat regulasi yang berpihak kepada indistri kecil yang banyak menyerap tenaga kerja seperti di Cirebon,” janji Sandi. 

Diakhir acara Sandi  diberikan tas rotan yang dipadupadankan dengan kulit. Arif, pengrajin meminta Sandi memberikan nama untuk tas jenis postman itu. 

“Tas seperti ini nama jenisnya Postman bag. Tas tukang pos yang meletakkan surat-suratnya yang harus dikirim. Karena ini terbuat dari rotan saya beri nama Postan, tas postman dari rotan semoga memoerkuat ekspor kita,” kata Sandi yang langsung menggunakan tas tersebut. Demikian, seperti dikutip Pusatsiaranpers.com. (res)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.