Mazda merupakan salah satu merek mobil asal Jepang yang punya cukup banyak penggemar di Indonesia.
Sabtu | 26 Mei 2018 | 0.43 WIB

Hallo.id, Jakarta - Mazda merupakan salah satu merek mobil asal Jepang yang punya cukup banyak penggemar di Indonesia. Selain karena produknya berkualitas, Mazda dikenal dengan bahasa desain yang cukup elegan.

Sayang pertumbuhan Mazda di Indonesia yang kecil membuat prinsipal Mazda memutuskan untuk menutup operasional PT Mazda Motor Indonesia (MMI) dan menyerahkan urusan penjualan dan distribusi Mazda kepada PT Eurokars Motor Indonesia (EMI).

Kini, setelah setahun EMI menangani penjualan Mazda, tanda-tanda kebangkitan mulai terlihat. Tahun ini penjualan Mazda di Indonesia naik sampai 223,6% dibanding periode sama di tahun lalu.

Bila tahun sebelumnya hanya 444 unit Mazda yang terjual, maka tahun ini PT EMI sukses menjual sebanyak 1.437 unit.

“Kami bangga dengan pencapaian ini. Sejak mengambil alih distributorship dari Mazda Motor Corporation tahun lalu, kami bekerja keras menyesuaikan segala sesuatu. Mulai dari pilihan produk hingga jaringan distribusi Mazda. Sekarang kami merasakan kemajuan yang cukup memuaskan,” ujar Roy Arman Arfandy, Presdir PT EMI di acara Buka Puasa Bersama, Rabu (23/5/2018).

Pemilihan produk Mazda2 dan CX5 menjadi alasan kuat sukses PT. EMI menjalankan kembali bisnis Mazda di Tanah Air. Sejauh ini (Januari-April) kedua menjadi model dengan penjualan tertinggi. Mazda2 laku sebanyak 390 unit di semua tipe, sementara Mazda CX-5 terjual sebanyak 578 unit.

Meski demikian, Roy Arman merasa pencapaian tersebut masih sangat kecil. Target Mazda di Indonesia rata-rata hanya 8.000 unit per tahun, sangat jauh dibanding pencapaian negara lain seperti Thailand yang sanggup menjual 30.000 unit Mazda setiap tahunnya atau Australia yang bisa menjual sampai 120.000 unit Mazda per tahun.

“Kami sadar memang pasti butuh waktu. Apalagi produk Mazda Motor dikenal lebih premium dan harganya memang lebih mahal dibandingkan mobil penumpang lainnya,” ujarnya.

Tetapi ini bukan masalah baginya karena menurutnya, PT EMI sudah menyiapkan berbagai usaha strategis yang akan ditempuh dalam memasarkan produk Mazda di Indonesia.

Sumber : Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.