Diperlukan Optimalisasi dan Realisasi Kerja Sama Bilateral Indonesia-Polandia
Selasa | 21 November 2017 | 15.41 WIB

Hallo.id, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyatakan kerja sama bilateral Indonesia-Polandia sudah terjalin dengan baik, tinggal diperlukan optimalisasi dan realisasi. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan pertemuan terbatas dengan Ketua Senat Polandia HE. Mr. Stanislaw Karczewski di Ruang Senat, Warsawa Polandia, Senin waktu setempat (20/11/2017).
 
Pertemuan tersebut merupakan kunjungan kerja DPR RI untuk menguatkan diplomasi bilateral Indonesia-Polandia khususnya bidang pertanian, pendidikan, perdagangan dan pariwisata. Dalam kunjungan tersebut, Fadli Zon didampingi  Wakil Ketua Komisi II Ahmad Riza Patria dan Anggota Komisi X Anang Hermansyah. Kunjungan kerja ini merupakan bagian dari diplomasi parlemen Indonesia dalam rangka mempererat hubungan bilateral yang telah ada dengan beberapa MoU sebelumnya.
 
"Pertemuan delegasi DPR RI bersama Ketua Senat Polandia untuk menyampaikan beberapa peluang kerja sama yang perlu diperkuat antara Indonesia-Polandia terutama di bidang pariwisata dan perdagangan. Juga beberapa tantangan yang dihadapi   Indonesia dan Polandia dalam menguatkan hubungan kerjasama bilateral," ungkap Fadli Zon.
 
"Pertemuan ini juga menjadi forum strategis untuk menyampaikan pentingnya perkuat kerja sama bilateral Indonesia-Polandia. Kami berharap mendapat dukungan Polandia terhadap produk ekspor Indonesia untuk mendapatkan akses pasar UE yang lebih luas. Selain membahas beberapa peluang kerjasama, kunjungan kerja kali ini untuk pemantapan pembentukan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) Indonesia- Polandia,” tambanya.
 
Ia melanjutkan, pertemuan ini juga sebagai forum untuk melobi senat Polandia dalam pembukaan penerbangan langsung Jakarta-Warsawa dan melanjutkan pembahasan code sharing untuk merealisasikan pembukaan jalur penerbangan langsung Warsawa-Jakarta," paparnya. 
 
Pembahasan penting lainnya yaitu kerja sama dalam bidang pendidikan. Polandia, kata Fadli, memiliki sistem pendidikannya yang berkualitas diantara negara Eropa khususnya pada bidang sains, teknologi, kesehatan dan pertanian sehingga tidak menutup kemungkinan negara itu dapat menjadi alternatif baru buat pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke Eropa.
 
“Ini kesempatan yang baik buat mahasiswa Indonesia, semacam disertifikasi agar tidak hanya negara-negara barat tertentu yang sudah menjadi tujuan studi,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.
 
Sebelumnya, Delegasi DPR RI menggelar pertemuan  bersama Delegasi GKSB (Group Kerjasama Bilateral) Polandia bersama dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia Peter F. Gontha. Dalam pertemuan tersebut, Peter F. Gontha meminta bantuan DPR agar aktif melobi senat Polandia demi meningkatkan akses Indonesia ke Uni Eropa. (nwi)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.