Disperindag Harap Petani Manfaatkan PLK 2018
Senin | 12 Maret 2018 | 10.18 WIB

Hallo.id, Manado - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengharapkan petani dapat memanfaatkan Pasar Lelang Komoditas (PLK) tahun 2018 ini.

"Saya berharap komoditas unggulan di setiap kabupaten dapat dipasarlelangkan," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut Hanny Wajong di Manado, Senin (12/3/2018).

Hanny mengatakan produk pertanian yang dipasarlelangkan dalam PLKA tahun 2017 yakni jagung, gabah, beras, kopra, pala, cengkih, kopi, namun dirasa belum maksimal.

"Masih banyak produk unggulan Sulut, yang belum dibawa dalam PLK, dan diharapkan tahun ini mulai berjalan," katanya.

Dia mengatakan melihat minat petani ini, diharapkan akan mendapatkan harga yang baik.

"Karena harga jual produk dalam PLK masih lebih tinggi dan menguntungkan petani dibandingkan di pasar dan swalayan," jelasnya.

Sehingga, katanya, petani yang lain juga bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Ia mengatakan harga jual yang lebih tinggi bagi petani karena penjual dan pembeli dipertemukan secara langsung, sehingga tidak ada lagi perantara yang banyak dan membuat petani mendapatkan harga rendah.

"Kami berharap akan semakin banyak petani yang memanfaatkan PLK Sulut 2018 karena tahun ini akan dilakukan sebanyak delapan kali," jelasnya. (lyn)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.