Donald Trump
Kamis | 19 Juli 2018 | 21.52 WIB

Hallo.id, Amerika - Selama menjabat sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat, Donald Trump banyak sekali membuat kebijakan yang dianggap menyudutkan para pelaku industri disana, khususnya industri otomotif. 

Salah satunya adalah saat merilis kebijakan proteksi industri berbahan metal dengan menaikkan tarif impor logam dari negara Uni Eropa. Kebijakan ini menuai banyak kritikan dan langsung direspon dengan kebijakan Uni Eropa untuk menaikkan tarif masuk barang-barang yang datang dari Amerika Serikat.

Imbasnya terasa pada sektor industri otomotif Amerika. Banyak pelaku industri otomotif disana menjadi gerah. Harley-Davidson menjadi merek pertama yang mengancam untuk hengkang. Disusul beberapa merek-merek lainnya.

Alasannya apalagi kalau bukan karena pajak impor yang melambung menjadikan mereka harus menjual produk dengan harga selangit ke Eropa. 

Kusutnya industri otomotif di negeri Paman Sam membuat Donald Trump naik pitam. Trump kembali membuat kebijakan kontroversial dengan rencananya untuk memperkarakan ke jalur hukum untuk setiap pabrikan kendaraan yang akan cabut dari Amerika.

Meski tidak menyebut pabrikan mana yang dimaksud, namun dugaan sementara mengarah pada Harley Davidson. Bahkan pemerintah Amerika Serikat juga mulai mengincar perusahaan-perusahaan sepeda motor yang juga berencana angkat kaki.

Harley Davidson memang berencana membangun perakitan sepeda motor di luar negeri untuk motor yang dijual di Eropa. Hal ini dilakukan untuk mengejar harga bahan baku yang murah sehingga bisa menjual produk dengan harga yang kompetitif di Eropa.

Keputusan ini disebut Trump melukai hati para konsumen setia pabrikan motor yang berbasis di Milwaukee tersebut. Malah Trump juga menuding akibat kebijakan tersebut (memindahkan fasilitas produksi ke luar negeri) jadi alasan menurunnya angka penjualan hingga 7 persen di tahun lalu. 

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.