Donor Darah Sebagai Aksi Kemanusiaan
Selasa | 13 Februari 2018 | 15.56 WIB

Hallo.id, Jakarta - Kepedulian dan keprihatinan terhadap masyarakat yang terbaring sakit dan membutuhkan pasokan darah mendorong Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI menyelenggarakan kegiatan donor darah, yang diikuti oleh setidaknya 200 pegawai di lingkungan DPR dan masyarakat umum.

Aksi kemanusiaan yang rutin yang dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam 1 tahun ini bekerja sama dengan Bagian Layanan Kesehatan DPR, Keluarga Sehat Donor Darah Parlemen Indonesia (KSDD-PI), dan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Ini acara rutin kita setiap tiga bulan sekali, dan ini periode pertama di tahun 2018. Setiap tetes darah yang disumbangkan, sangat berarti bagi yang membutuhkan,” kata Kepala Subbagian Medis, Bagian Layanan Kesehatan Setjen DPR RI Bambang, di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Bambang mengatakan bahwa setiap periode, pendaftar donor darah selalu meningkat. Namun tidak sedikit pula peserta yang ditolak oleh PMI, karena alasan kesehatan seperti tekanan darah dan kadar hemoglobin yang terlalu tinggi atau sebaliknya.

“Tekanan darah dan hemoglobin harus normal. Hemoglobin untuk perempuan harus 12-14 untuk laki-laki harus 14-16. Kalau di atas atau di bawah itu, maka akan ditolak oleh pihak PMI. Karena akan berpengaruh terhadap kesehatan pendonor,” papar Bambang.

Terakhir, Bambang berharap agar semakin banyak masyarakat yang sadar pentingnya mendonorkan darah baik sebagai bentuk kemanusiaan maupun kesehatan bagi pendonor itu sendiri.

Di samping membantu sesama yang membutuhkan, donor darah sangat penting bagi kesehatan pendonor. Hal ini pun diungkapkan oleh Udi Kusprianto, salah satu pendonor yang terlibat dalam kegiatan ini. Kepala Sekretariat Fraksi Golkar ini mengaku sudah merasakan manfaat kesehatan dari kegiatan donor darah yang rutin dilakukannya.

“Saya rutin melakukan donor darah. Saya percaya ini sangat berpengaruh pada kesehatan. Dengan darah kita diambil, akan ada regenerasi darah baru dalam tubuh kita. Alhamdulillah, diumur saya yang sudah hampir pensiun ini, saya selalu merasa sehat,” imbuhnya. (nwi)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.