Dubes RI Menerima Kunjungan Rombongan Peziarah dari Indonesia
Jumat | 2 Maret 2018 | 15.51 WIB

Hallo.id, Irak - Dubes RI di Baghdad menerima KH. Ikhwan Khalil beserta rombongan dari Malang dan sekitarnya yang sedang berziarah ke Irak dalam perjalan umrah di KBRI Baghdad, Rabu (28/2/2018). Selama kunjungannya di Irak, rombongan berziarah ke beberapa masjid dan makam, diantaranya makam Syaikh Abdul Qadir al-Jailani, Syaikh Ma'ruf al-Karkhi dan Imam Abu Hanifah.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rombongan para peziarah yang menyempatkan diri menghadiri jamuan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Baghdad. 

Dubes RI memandang keberadaan beberapa rombongan jamaah yang berziarah ke Baghdad menandakan mulai kembali timbul kepercayaan masyarakat Indonesia akan keamanan di Irak pasca pendudukan ISIS/Daesh. Dubes RI juga berharap masyarakat Indonesia semakin memandang Irak sebagai salah satu destinasi yang layak dikunjungi.

Dalam pandangannya, Dubes RI menuturkan keberadaan makam dari berbagai ulama Islam menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat muslim di Indonesia untuk menapaktilasi rekam jejak sejarah para kekasih Allah. 

Dalam kawasan Baghdad terdapat berbagai makam yang memang kerap menjadi tujuan utama para peziarah dari Indonesia ketika berkunjung ke Irak, diantaranya makam Syaikh Abdul Qadir al-Jailani, Syaikh Ma'ruf al-Karkhi, Syaikh Manshur al-Hallaj, Syaikh Habib al-Ajmi, Syaikh Syihabuddin Umar al-Syahrawardi, Syaikh Junaid al-Baghdadi, Syaikh Bahlul (Wahab ibn Amr) serta makam Nabi Yusya' ibn Nun.

Dubes RI memandang deretan nama-nama yang sudah sangat mashur di kalangan masyarakat muslim Indonesia, terutama di kalangan pesantren dapat lebih menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan berziarah ke Irak.​​​ (nwi)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.