Ducati DU4
Kamis | 26 Juli 2018 | 23.9 WIB

Hallo.id, Jakarta – Bicara Ducati pikiran kita langsung terbayang motor sport, kencang, dan juga MotoGP. Tak ada yang ngebayangin Ducati itu berbentuk sebuah kendaraan roda empat.

Padahal pabrikan yang bermarkas di Borgo Panigale ini sebenarnya pernah menciptakan mobil.

Malah awal kehadirannya, Ducati merupakan produsen komponen radio. Baru di masa perang dunia Ducati mulai beralih mengembangkan mesin dan sepeda motor. 

Tahun 1946 pemerintah Italia meminta Ducati membuat konsep kendaraan roda empat. Dalam kondisi pabrik yang sebagian bekas di bom saat perang berlangsung, Ducati menyanggupi permintaan tersebut. 

Hadirlah DU4 sebagai cikal bakal mobil merek Ducati saat itu. Rancangan dasar mobil ini berupa rangka pipa teralis dengan mesin 250cc 90 derajat L-Twin dengan transmisi 4-percepatan.

Tapi konsep ini urung naik produksi dengan berbagai kendala yang dihadapi, sampai akhirnya teknologi mesin DU4 ini lantas diaplikasikan menjadi kendaraan roda dua. 

Di kisaran tahun 1960-an, merek otomotif yang khas dengan warna merah menyala ini kembali menciptakan konsep untuk sebuah mobil. Dan 5 tahun berselang, tepatnya tahun 1965 Ducati menjalin kemitraan dengan Leyland, perusahaan mobil asal Inggris.

Kedua pabrikan ini akhirnya sukses memproduksi dua model, Triumph Herald dan Spitfire. Untuk unit yang dirakit di Italia memakai logo ‘Ducati Mechanica’ di atas emblem Triumph. Tapi tidak diketahui berapa banyak Ducati memproduksi roadster ini.

Ducati juga menjadi pemasok mesin untuk merek mobil Alfa Romeo dan Lancia.

Artinya, meski identik sebagai produsen motor, bukan berarti Ducati tidak bisa produksi mobil. Di masa depan bukan tidak mungkin pabrikan asal Bologna ini kembali menghadirkan sebuah konsep kendaraan roda empat yang canggih dengan mesin berkekuatan super. Mungkin saja..... 

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.