CEO baru Instagram, Adam Mosseri. (kiri)
Selasa | 2 Oktober 2018 | 14.47 WIB

Hallo.id, Jakarta - Facebook menunjuk Adam Mosseri sebagai bos baru Instagram menggantikan hengkangnya duo pendiri Isntagram; Kevin Systrom dan Mike Krieger pada 24 september silam.

Adam Mosseri adalah veteran Facebook yang mulai sebagai desainer produk pada 2008.

BACA JUGA : Akun Facebook Diretas, Apa Pengaruhnya ke Instagram?

Lalu pada Mei 2018, Mosseri didapuk jadi Vice President of Product Instagram saat Mark Zuckerberg melakukan perombakan besar-besaran di seluruh tim kepemimpinan eksekutifnya.

Sebelumnya dia juga memimpin divisi News Feed di Facebook.

"Kami sangat senang untuk menyerahkan kendali kepada pemimpin produk dengan latar belakang desain yang kuat dan fokus pada kerajinan dan kesederhanaan - serta pemahaman yang mendalam tentang pentingnya komunitas," kata Systrom dan Krieger dalam sebuah pernyataan dilansir theverge.com pada Senin (1/10/2018).

"Inilah nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang penting bagi kami di Instagram sejak hari pertama kami memulai, dan kami senang Adam akan meneruskannya ke depan," lanjut Systrom dan Krieger.

Mosseri adalah pengganti yang paling logis untuk Systrom, mengingat masa jabatannya di Facebook dan kepercayaan yang bertumbuh di Instagram sebagai tempat untuk audiens muda, pasar untuk iklan produk, dan saluran perpesanan pribadi dan semi publik.
Dengan kepergian Systrom dan Krieger dalam beberapa minggu ke depan, kemungkinan Zuckerberg dan Mosseri dapat menggunakan kontrol langsung atas arah yang diambil Instagram dan integrasinya dengan produk utama Facebook.

Ikut campurnya Facebook di Instagram, yang telah beroperasi secara besar-besaran sebagai unit otonom sejak akuisisi 1 miliar dolar AS pada tahun 2012, dilaporkan menjadi titik pertentangan antara co-founder Zuckerberg dan dua pendiri Instagram.

Di antara isu yang lebih kontroversial adalah desakan Facebook pada apa yang disebut menu hamburger (ikon dengan tiga garis lurus) dan penyertaan tautan ke aplikasi Facebook utama dalam menu itu.

Isu lainnya termasuk penghapusan tautan teks yang menunjukkan foto telah dibagikan dari Instagram ke akun Facebook pengguna dan pemberitahuan di dalam Instagram yang memperingatkan pengguna aktivitas Facebook yang sepenuhnya tidak terkait, menurut Recode. Ada juga kekhawatiran bahwa produk IGTV baru Instagram dapat merusak produk Watch yang berpusat pada video Facebook.

Sementara itu, akun resmi Instagram mengunggah foto Mosseri bersama Systrom dan Krieger. Dalam caption-nya, Instagram mengucapkan selamat kepada Mosseri dan berterima kasih kepada Systrom dan Krieger.

"Pemimpin baru, Adam Mosseri, dengan latar belakang desain dan kecintaan terhadap kesederhanaan dan keterampilan - dua elemen yang esensial untuk Instagram - kini mengambil alih kendali. Selamat dan semoga berhasil @mosseri." (ida)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.