Google Maps
Senin | 23 Juli 2018 | 21.32 WIB

Hallo.id, Jakarta – Tingginya tingkat kemacetan di jalan membuat motor menjadi moda transportasi pilihan banyak orang.

Di negara-negara berkembang, populasi motor melebihi mobil. Lebih cepat dengan biaya lebih murah dibanding mobil membuat alasan orang lebih memilih naik motor. Bahkan di tengah kemacetan sekalipun, motor bisa berakselerasi.

Kemacetan yang jadi masalah setiap pemilik mobil kini sedikit terbantukan dengan adanya Google Maps, yang bisa mengarahkan pada jalur alternatif menghindari macet. Tapi itu hanya terbatas pada jalanan yang muat dilalui kendaraan roda empat.

Sekarang Google Maps juga menyediakan panduan untuk pemotor yang resmi hadir di 18 Juli 2018 lalu.

Dengan fitur ini, para bikers bertambah nyaman tentunya. Selain karena bisa menghitung estimasi perjalanan, fitur Google Maps untuk motor juga menunjukkan lokasi 'jalan-jalan tikus'.

Google menyebut fitur panduan jalan untuk motor berbeda dengan yang dipakai untuk mobil. Fitur motorcycle mode ini dikembangkan dan diuji coba di India kemudian menyebar di kawasan Asia seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Hongkong dan Taiwan.

“Sebelumnya, pengendara motor sering menghitung estimasi waktu berdasarkan kombinasi antara berjalan dan mengemudi di suatu rute yang dilalui,” tulis pernyataan Google.

India sendiri menjadi tempat uji coba pertama sekaligus negara pertama dirilisnya Google Maps Motorcycle karena negara tersebut punya pasar roda dua terbesar di dunia. Selain itu di India juga banyak jalan yang kondisinya buruk hingga tak dapat diakses mobil.

Masyarakat India juga cukup melek teknologi. Rata-rata orang India sangat bergantung dengan aplikasi navigasi saat melakukan perjalanan.

Di Indonesia, layanan ini tentu disambut gembira. Apalagi maraknya ojek online yang berkembang saat ini. Urusan jemput-antar penumpang jadi lebih mudah bahkan bisa makin ringkas karena selalu diarahkan lewat 'jalan tikus' menghindari kemacetan.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.