Harga Ayam dan Cabai di Bandung Naik
Selasa | 12 Juni 2018 | 14.34 WIB

Hallo.id, Bandung - Harga ayam pedaging dan cabai tanjung di sejumlah pasar di Kota Bandung, Jawa Barat, mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Yang agak naik hanya cabai. Cabai tanjung kenaikannya cukup signifikan, semula Rp36 ribu/kg, hari ini menjadi Rp80 ribu/kg. Daging ayam Rp40 ribu sebelumnya Rp36.000/kg," ujar pejabat sementara Wali Kota Bandung, Muhammad Solihin di Bandung, Selasa (12/6/2018).

Menurut dia, berdasarkan informasi dari para pedagang, kenaikan bukan berasal dari bandar. Sementara daging ayam kenaikan dipicu meningkatnya permintaan dari masyarakat.

Guna mengantisipasi agar kenaikan tidak terus melonjak, Pemkot akan melakukan pemantauan di tingkat bandar untuk mengetahui penyebab kenaikan harga dua komoditas tersebut.

"Nanti kami coba untuk lihat kemungkinan seperti apa dan penyebabnya apa. Mudah-mudahan kita bisa intervensi," katanya.

Sementara untuk daging ayam, Pemkot melalui Dinas Pangan dan Pertanian akan kembali menyuplai daging beku ke seluruh pasar yang ada di bawah kewenangan pemerintah.

Menurutnya, keberadaan daging ayam beku menambah alternatif pilihan bagi masyarakat, apabila harga ayam terus melonjak tajam.

"Kita berikan pilihan kepada masyarakat jadi masyarakat juga harus terbiasa mengkonsumsi ayam beku, karena ayam beku yang dijual dari kualitas sangat baik dengan harga Rp30 ribu," kata dia.

Harga stabil justru ditunjukkan di komoditas daging sapi. Untuk satu kilogram, harga tetap bertahan di Rp120 ribu. Ia optimis, harga daging sapi tidak akan mengalami kenaikan, pasalnya pemerintah sudah menyiapkan stok yang siap dikirim ke seluruh pasar.

"Jadi antara Rp100-120 ribu itu untuk daging sapi segar. Kalau daging sapi beku Rp80 ribu. Jadi selain ayam dan cabai, harganya relatif stabil," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, untuk tahun ini kemungkinan Pemkot Bandung tidak akan menggelar operasi pasar murah (OPM). Selain waktu yang mepet dengan hari raya Idul Fitri, juga mayoritas harga kebutuhan pokok relatif stabil.

"Ini kan tinggal dua hari lagi ya mau lebaran. Kita sudah minta supaya pasokan aman. Untuk daging sapi, kan di kandang stoknya lebih ya, jadi Insya Allah daging sapi maksimal di Rp120 ribu per kilogram. Jadi gak ada OPM karena kan kita tinggal dua hari lagi jelang lebaran," katanya. (sep)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.