Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKMPP) Kota Sukabumi, Jawa Barat harga telur ayam ras dan komoditas cabai naik dibandingkan pekan lalu.
Jumat | 6 Juli 2018 | 16.47 WIB

Hallo.id, Sukabumi - Hasil pendataan harga kebutuhan pokok masyarakat Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKMPP) Kota Sukabumi, Jawa Barat harga telur ayam ras dan komoditas cabai naik dibandingkan pekan lalu.

"Kenaikan harga kedua komoditas di awal pekan pekan, pada Juli ini dikarenakan permintaan yang meningkat, namun pasokan ke pasar menurun," kata Kepala Diskop UKMPP Kota Sukabumi, Ayep Supriatna di Sukabumi, Jumat (6/7/2018).

Adapun untuk komoditas telur ayam ras saat ini dijual Rp27 ribu/kg yang awalnya hanya Rp24 ribu/kg. Kemudian cabai rawit merah dari Rp40 ribu/kg menjadi Rp60 ribu/kg, cabai rawit hijau naik dari Rp28 ribu menjadi Rp40 ribu setiap kilogramnya.

Menurunnya pasokan kedua komoditas tersebut dikarenakan produksinya berkurang. Namun, untuk persediaan di pasaran masih mencukupi hingga beberapa bulan ke depan.

Antisipasi semakin melambungnya harga komoditas tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan distributor yang juga dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan serta Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Walaupun bukan merupakan kebutuhan pokok masyarakat kenaikan harga kedua komoditas tersebut perlu diantasipasi agar harganya bisa ditekan. Tapi kenaikan ini masih dalam batas ambang batas wajar," tambahnya.

Sementara, salah seorang pedagang kaki lima (PKL) Pasar Pelita Kota Sukabumi Sultan mengatakan naik dan turunnya harga memang sudah biasa, namun ia tetap khawatir jika harganya terus melambung apalagi cabai yang cepat.

Oleh karenanya, kata dia, ia memilih tidak banyak menyimpan persediaan tetapi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. (tia)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.