Teknik Berhenti di Lampu Merah
Selasa | 25 September 2018 | 16.29 WIB

Hallo.id, Jakarta - Banyak orang beranggapan kalau mengemudi itu harus mempelajari tips beli mobil baru saja. Tapi tidak sebatas bisa beli atau asal bisa putar kemudi, ngerem dan ngegas. Padahal ini merupakan sebuah pemikiran yang salah besar. Pengetahuan berkendara ternyata bukan hanya itu saja.

Menurut Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), banyak hal sederhana yang mestinya diperhatikan saat mengemudi. Pengemudi harus menguasai kendaraan dan lingkungan sekitar. 

"Berkendara itu gak hanya mengandalkan keterampilan atau skill nyetir saja. Banyak hal yang harus diperhatikan. Misalnya fisik dan mental, penguasaan kendaraan, kondisi kendaraan dan kondisi lingkungan," tegasnya saat memberikan materi Suzuki Safety Driving Course 2018.

Menurut Sony, kita saat mengemudi sudah harus siap akan hal-hal yang tidak kita duga-duga. Satu lagi hal menarik yang selama ini salah kaprah menurut Sony yaitu  teknik saat berhenti di traffic light.

Dalam kondisi ini kebiasaan banyak yang menarik parking brake atau rem tangan. Ini menurut Sony adalah kebiasaan yang salah.

"Berhenti di lampu merah sebisa mungkin yang dipakai adalah rem kaki, bukan parking brake. Harus kita ingat, parking brake itu 'on' saat posisi parkir, bukan saat berhenti," jelas Sony.

Menarik tuas hand brake saat berhenti di lampu merah juga dianggap sebagai kebiasaan nyaman. Sony mengungkapkan bila saat menggunakan parking brake saat berhenti di lampu merah tidak memberikan isyarat untuk kendaraan belakang. Alasannya, lampu rem baik tidak menyala.

Pengendara jadi bisa mengalihkan fokusnya sesaat, entah untuk mainan ponsel atau mungkin dandan memakai make up ringan untuk perempuan. "Ini potensi yang ditimbulkan lebih beresiko karena membuat kita nyaman dan mengalihkan fokus kita," pungkas Sony.

 

Sumber : Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.