Menyambut datangnya penerapan standar emisi Euro4 pada gelaran GIIAS 2018, akan dilakukan seremonial khusus.
Sabtu | 26 Mei 2018 | 0.41 WIB

Hallo.id, Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan pada 10 Maret 2017, resmi menerbitkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan NO.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Adapun aturan tersebut menyangkut baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru. Pada kategori M (kendaraan roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan orang), N (roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan barang). Serta O (kendaraan penarik untuk gandeng atau tempel), atau yang lebih dikenal dengan standar emisi Euro4.

Ini akan berlaku efektif 18 bulan sejak diterbitkan atau sekitar September 2018. Permen ini  khusus untuk kendaraan pengguna Bahan Bakar Bensin (BBM) bensin sebagai sumber tenaganya.

Sementara bagi kendaraan berbahan bakar solar akan berlaku empat tahun setelah diterbitkan. Aturan ini mengharuskan kendaraan yang dijual di Indonesia untuk menggunakan BBM dengan spesifikasi standar Euro4.

Berkat dorongan dari berbagai pihak, mulai dari pabrikan mobil hingga Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) akhirnya pemerintah mengeluarkan peraturan standar emisi Euro4.

Menyambut datangnya penerapan standar emisi Euro4 pada gelaran GIIAS 2018, akan dilakukan seremonial khusus. Rencananya dalam seremonial tersebut akan dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah dan pengurus GAIKINDO.

“Pada GIIAS kita merencanakan untuk mendeklarasikan Indonesia masuk ke Euro4. Kita akan kerjasama dan ini sifatnya nasional. Seperti diketahui bahwa tahun lalu pemerintah pernah mengeluarkan peraturan bahwa semua kendaraan mulai 7 Oktober, harus menggunakan bahan bakar Euro4. Ini akan kita deklarasikan,” ujar Yohanes Nangoi Ketua Umum GAIKINDO, baru-baru ini.

Deklarasi ini menurut Nangoi akan menjadi sebuah momen besar saat Indonesia akan meningggalkan dua negara yakni Laos dan Myanmar. Dmana sampai saat ini masih menggunakan standar emisi Euro2.

Meskipun begitu Indonesia bisa dikatakan jauh tertinggal dari negara tetangga.  Dimana Singapura sudah bergerak ke Euro5. Malaysia, Thailand dan Filipina sudah menerapkan Euro4 sejak beberapa tahun lalu.

Sumber : Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.