Inggris
Rabu | 4 Juli 2018 | 8.47 WIB

Hallo.id, London - Pemerintahan Inggris di 2040 dipastikan tidak lagi menjual kendaraan konvensional bermesin bensin dan diesel. Keputusan tersebut sudah bulat dan tidak berubah lagi. 

"Saat ini kami tengah melakukan kajian terkait kebijakan tersebut. Kami akan mengakhiri penjualan mobil diesel dan mesin diesel konvensional pada tahun 2040,” ujar sumber dari pemerintah yang tidak mau disebutkan namanya kepada Reuters.

Desakan tersebut diakui tidak akan berdampak pada kendaraan dengan sistem hybrid dan plug-in hybrid. “Kebijakan pemerintah itu melarang beredarnya mobil bensin dan diesel, bukan melarang mobil hybrid,” lanjutnya.

Hal ini dilakukan demi terciptanya kualitas udara yang bersih di Inggris untuk menjamin kesehatan warga negaranya.  

Meski demikian, kebijakan tersebut tidak akan berlaku dalam waktu dekat dikarenakan masih ada sejumlah proses yang harus dilalui. Termasuk membahas kebijakan tersebut ke beberapa kementerian seperti transportasi, bisnis dan lingkungan.

Beberapa negara Eropa lainnya juga sudah mulai menggodok berlakunya kebijakan yang sama. Salah satunya adalah Prancis. Bahkan Prancis sendiri sudah mencanangkan bebas emisi karbon di 2050 nanti. 

Seperti diketahui, penjualan mobil konvensioanl di negara tersebut masih cukup tinggi. Semester pertama tahun lalu, tercatat sebanyak 95,2 persen mobil yang dibeli masih menggunakan mesin konvensional. Sisanya sebanyak 1,2 persen membeli mobil bertenaga listrik murni dan 3,5 persen memilih beli mobil bermesin hybrid.

Di Indonesia sendiri, wacana ini juga sudah dihembuskan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Namun sampai saat ini masih terus digodok untuk aturan mainnya. 

Bahkan wacana tersebut juga sudah masuk poin rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan pengembangan mobil ramah lingkungan. 

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.