Inspirasi Dapur Zaman Now dari Ahlinya
Senin | 14 Mei 2018 | 11.40 WIB

Hallo.id, Jakarta - Dapur, menjadi salah satu area penting dalam sebuah rumah. Disanalah makanan disiapkan sekaligus area anggota keluarga bertemu untuk memasak bersama.

Apa saja yang harus diperhatian dalam merancang dapur yang nyaman? Berikut saran dari Shinijni Chawla, ahli interior dari India :

1.Perencanaan ruang

Perencanaan ruang adalah salah satu faktor terpenting sebuah dapur karena ini adalah ruang yang paling padat fungsi di rumah. Perhatikan 'segitiga kerja' untuk fungsi utama dapur, yaitu kulkas, kompor dan wastafel, serta jumlah orang yang akan menggunakan dapur pada waktu tertentu.

Aspek lain yang orang sering abaikan adalah ruang untuk kaki. Jadi pastikan ada cukup ruang yang tersedia saat Anda merancang dapur sehingga seseorang dapat nyaman meletakkan kaki di bawah meja untuk jangka waktu yang lama.

Semakin spesifik dan terorganisir dapur, semakin baik dia akan berfungsi. Oleh karena itu, coba gabungkan aksesoris kustom dapur seperti tempat untuk celemek, sarung tangan dan lainnya.

2.Bahan meja dapur

Granit dianggap sebagai salah satu bahan paling konvensional untuk meja dapur karena kekerasan dan daya tahannya. Namun, sekarang waktu dan teknologi telah berubah, jangan menahan diri untuk mencoba beberapa bahan baru.

3. Cahaya

Pencahayaan sering diabaikan di area dapur, karena kebutuhan fungsionalnya. Selain lampu di atas kepala, pastikan Anda memberikan banyak lampu yang bermanfaat di lemari bagian atas.

4. Peralatan

Zaman sekarang, tidak ada dapur yang lengkap tanpa peralatan yang sesuai. Luangkan waktu untuk melakukan penelitian tentang berbagai macam peralatan yang tersedia, dan buat daftar peralatan yang dibutuhkan sebelum merancang dapur.

Pastikan Anda hanya memilih peralatan berdasarkan kebutuhan Anda karena tidak semua peralatan digunakan semua orang.

Setelah itu, tempatkan peralatan Anda berdasarkan frekuensi penggunaannya. Demikian seperti dilansir Indian Express. (ant)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.