Inspirasi Lokasi Liburan Sambil Jelajah Masa Lampau di Malang
Kamis | 17 Mei 2018 | 14.32 WIB

Hallo.id, Jakarta  - Saat berlibur bersama keluarga di suatu wilayah, mungkin Anda ingin sekalian mengenal lebih jauh sejarah dan budaya lokasi yang Anda kunjungi itu. 

Jika kota Malang, Jawa Timur yang menjadi tujuan Anda. Lokasi mana saja yang bisa menjadi alternatif wisata sembari menikmati penjelajahan masa lampau? Berikut pilihannya:

Candi Tumpang

Candi yang sering dikenal dengan nama Candi Jago ini berada sekitar 22 km dari pusat Kota Malang tepatnya di Dusun Jago, Kecamatan Tumpang. Candi ini dibuat pada saat wafatnya Raja Sri Jaya Wisnuwardhana.

Bila Anda berkesempatan ke sana, Anda akan menemukan seluruh sisi candi memiliki jalinan ukiran yang bercerita tentang kepergian seorang raja. 


Candi Kidal

Candi Kidal dibangun sebagai makam Raja Anusapati dan lokasinya masih satu daerah dengan Candi Tumpang. Candi ini memiliki ukiran cerita yang kental dengan nilai agama Hindu dan diperkirakan berasal dari tahun 11 sebelum masehi, yang membuat Candi Kidal menjadi candi tertua di Indonesia.


Museum Malang Tempoe Doeloe

Beranjak dari candi, Museum Malang Tempo Doeloe bisa juga jadi alternatif tempat wisata edukasi untuk keluarga. Karena terbilang baru, museum ini tidak terasa mencekam dan malah menyenangkan. 

Berada di Jalan Gajah Mada, Museum Malang Tempo Doeloe ini menampilkan benda-benda dari zaman prasejarah, masa kerajaan, diorama perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan perkembangan kota Malang hingga saat ini. Secara keseluruhan, ada 20 tema berbeda yang dipamerkan di museum ini. 


Museum Musik Indonesia

Keluarga Anda pencinta musik? Jika iya, Museum Musik Indonesia di Jalan Nusa Kambangan, Malang, ini wajib Anda kunjungi. Berada di lantai dua Gedung Kesenian Gajayana, museum ini menyimpan koleksi yang berhubungan dengan perkembangan musik di tanah air.

Di sana, Anda akan menemukan berbagai piringan hitam, kaset, CD, dan VCD hasil karya pemusik dari dalam dan luar negeri. Selain itu, museum juga menyimpan dokumen seperti majalah, artikel, poster, dan foto musisi terkenal di Indonesia dan dunia.


Museum Zoology Frater Vianney

Museum ini berada di daerah Tidar, Malang. Di dalam museum ini, terdapat sekitar 12.000 spesies hewan reptil, moluska, vertebrata, dan invertebrata. Berawal dari koleksi pribadi, Museum Zoology Frater Vianney kini menjadi tujuan para pelajar yang ingin melihat langsung berbagai jenis hewan. 

Pengunjung bisa menghubungi pihak pengelola dan minta untuk didampingi selama di museum. Jadi, lebih dari sekadar melihat-lihat, Anda dan keluarga bisa mempelajari banyak hal tentang hewan di museum ini.

Ya, Malang adalah kota dengan sejumlah pesona. Rasanya tidak cukup jika hanya berkeliling selama satu hari saja. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencari penginapan atau hotel di Malang sebagai akomodasi selama berlibur dan Airy Rooms bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Selain fasilitas kamar, Airy Rooms juga menawarkan kemudahan bertransaksi. Setelah memesan kamar di website atau aplikasi, Anda dapat langsung membayarnya melalui transfer atau kartu kredit. (lia)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.