Dwi Candra Putra, Bendum DPD NasDem Yogyakarta.
Rabu | 15 Mei 2019 | 14.8 WIB

Hallo.id, Yogyakarta - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD NasDem Kota Yogyakarta, Dwi Candra Putra mengaku efek ekor jas dari kampanye Ketua Umum Surya Paloh, yakni "NasDem Partaiku, Jokowi Presidenku" sangat menguntungkan di pemilu serentak 2019.

"Yang pertama ini adalah efek 'ekor jas' dari kampanye ketua umum pak Surya Paloh yang diterapkan kader-kadernya dengan slogan "Nasdem Partaiku, Jokowi Presiden ku",' kata Candra yang juga berhasil terpilih jadi Anggota DPRD NasDem Kota Yogya untuk periode 2019-2024, di kantor Partai NasDem Yogyakarta, belum lama ini.

Lanjut dia, bahwa karena kenyataannya by data, di 2014 Jokowi hanya menang di angka 60an persen untuk kota Yogyakarta. Namun, untuk kali ini, di Kota Yogya, Jokowi menang hingga 72 -75 persen. 
"Saya belum punya data rincinya, tapi yang jelas kenaikan itu merupakan efek dari slogan yang dikampanyekan Partai NasDem."

Jadi, antusias masyarakat memilih Jokowi di DIY ini memang cukup tinggi.  Dari data tersebut, meski saya belum cek kembali tapi ada kenaikan hingga 10 persen suara Jokowi, dan yang dampaknya kepada Partai NasDem yang meraih suara berkali-kali lipat. Adapun, kata dia, kampanye NasDem Partaiku, Jokowi Presiden ku, itu dicanangkan sejak tahun 2016 yang lalu. 

"Kedua, kami memang sudah bergerak dari awal dengan membentuk Komisi Saksi NasDem itu dari tahun 2017. Dengan begitu, kami tidak bermain-main dengan target kami waktu itu yakni kenaikan 500 persen, meski akhirnya NasDem Kota Yogyaklarta hanyat mencapai 4 kursi 91 Fraksi) di DPRD Kota," ujarnya. 

Tentang target, kata Candra,mengatakan, target itu tak terpenuhi 500 persen. Sedangkan NasDem Kota Yogyakarta hanya mencapai kenaikan 400 persen. 

"Itupun menurut kami, sudah empat kali lipat. Jadi, berikut efek kampanye dari Ketua Umum Surya Paloh, bahwa untuk diketahui, NasDem satu-satunya dan pertama menjadi Partai Anti mahar di republuk ini. Sedangkan untuk kegiatan partai tetap ada. Karena kaitannya dengan kampanye," urainya. 

Dijelaskan Candra, bahwa, untuk pendaftarn caleg maupun pilkada kami free, tanpa memungut biaya apapun. Dan itu sudah merupakan garis partai nasdem. Bahwa NasDem anti mahar dan dimana-mana setiap ada kesempatan Nasdem selalu mengkampanyekan Jokowi dengan slogan "NasDem Partai ku, Jokowi Presidenku."

"Hasilnya cukup luar biasa bahkan signifikan kenaikan suara partai NasDem pada pemilu 2019-2024 ini."
Diketahui,di kota Yogyakarta ada 5 dapil, terdiri dari 14 kecamatan. Dari 5 Dapil itu, NasDem meraih 4 kursi untuk DPRD Kota. Jadi dapat 1 Fraksi,yakni Fraksi partai NasDem kota Yogyakarta. 

Adapun, 4 kursi itu diraih oleh masing-masing Sigit Wicaksono, Dapil II Dwi Candra Putra, Dapil III Oleg Yohan dan dapil V diraih oleh Bendum DPD NasDem Yogyakarta, Choliq Nugroho Adji. (dom)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.