Komisi IV Dorong Perbaikan Infrastruktur Kepulauan Aru
Kamis | 8 Februari 2018 | 8.15 WIB

Hallo.id, Jakarta - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Wattimena mendorong pemerintah dalam hal ini KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) untuk memperbaiki infrastruktur, serta lebih meningkatkan sarana dan prasarana di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

"Kepulauan Aru ini memiliki kontribusi yang besar bagi negara, yakni sebagai produksi ikan tuna dan cakalang terbesar. Sebanyak 2/3 produksi tuna dan cakalang nasional ada di sini (Kepulauan Aru)," ujar Michael saat memimpin Kunjungan Spesifik Komisi IV DPR ke Kepulauan Aru, Maluku, Rabu (7/2/2018).

Sayangnya, lanjut Michael, potensi yang besar dari Kepulauan Aru tersebut tidak dirasakan benar oleh masyarakat sekitar yang notabene merupakan nelayan. Bahkan sebagaimana yang diakui oleh Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga, sebanyak 28 persen masyarakat Aru masih di bawah garis kemiskinan. Kondisi ini dinilai Michael cukup memprihatinkan.

"Ada sebuah masalah besar di kepulauan ini. Diantaranya terkait infrastruktur jalan yang kurang memadai, serta sarana dan prasarana yang masih sangat minim," tambah politisi dari fraksi Partai Demokrat ini.

Ditambahkan Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga, tidak jarang karena minimnya infrastruktur dan sarana prasarana membuat nelayan tidak bisa memanfaatkan dan memasarkan hasil lautnya secara maksimal. Mengingat Kabupaten Kepulauan Aru terdiri dari pulau-pulau alias pesisir.

"Terkadang karena tidak ada sarana dan prasarana menyebabkan nelayan tidak bisa memasarkan hasil tangkapannya secara maksimal untuk bisa menjangkau seluruh wilayah Aru yang cukup luas. Sehingga terkadang hasil tangkapannya sudah rusak terlebih dahulu ketika akan dipasarkan, karena tidak adanya fasilitas cold storage, misalnya. Oleh karena itu saya berharap agar DPR dan pemerintah pusat dapat membantu mencarikan solusi atas permasalahan ini," papar Johan.

Menjawab hal tersebut, Michael berjanji akan membicarakannya dengan Menteri KKP Susi Pudjiastuti beserta jajarannya. Pasalnya apa yang diharapkan Bupati Aru tersebut sejatinya sudah terpogramkan dalam anggaran KKP, khususnya untuk program bantuan nelayan. 

Pihaknya akan terus mendorong pemerintah merealisasikan permintaan bupati yang notabene selama ini menjadi keluhan nelayan Kepulauan Aru. (nwi)
 


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.