Korsel Pertahankan Suku Bunga Acuan Dekat Rekor Terendah
Kamis | 12 Juli 2018 | 14.53 WIB

Hallo.id, Seoul - Bank sentral Korea Selatan pada Kamis (11/7/2018) mempertahankan suku bunga acuannya pada tingkat dekat rekor terendah, di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang langkah-langkah proteksionis Amerika Serikat yang bisa menyusutkan perdagangan global.

Gubernur bank sentral Korea Selatan (Bank of Korea/BoK) Lee Ju-yeol dan enam anggota dewan kebijakan moneter lainnya, mempertahankan suku bunga acuan "seven-day repurchase rate" pada 1,5 persen.

Itu sesuai dengan ekspektasi pasar. Menurut survei Asosiasi Investasi Keuangan Korea (KFIA) dari 100 ahli berpendapatan tetap, 89 persen memperkirakan suku bunga acuan tak akan berubah.

BoK menahan diri dari mengubah suku bunga acuan sejak bank mengangkatnya ke level saat ini dari rekor terendah 1,25 persen pada November tahun lalu.

Federal Reserve AS menaikkan suku bunga acuan pada Juni ke kisaran 1,75-2,00 persen, memperlebar kesenjangan antara tingkat kebijakan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Meskipun kesenjangan melebar, BoK mempertahankan suku bunga acuannya tak berubah di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang langkah proteksionis AS yang akan memukul keras ekonomi Korea Selatan yang didorong ekspor sangat bergantung pada perdagangan global untuk pertumbuhan.

Di tengah langkah proteksionis AS, volatilitas di pasar valuta asing Korea Selatan meningkat. Standar deviasi dalam nilai tukar won/dolar AS adalah 19,1 won per dolar AS pada Juni, tertinggi sejak Maret 2016.

Standar deviasi berarti seberapa jauh pasar harian menutup penyimpangan dari rata-rata nilai tukar won/dolar AS bulanan.

Ekspor Korea Selatan, yang mencakup sekitar setengah dari ekonomi, berjumlah 14 miliar dolar AS pada periode 1-10 Juli, turun 1,9 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Pengiriman keluar Korea Selatan melampaui 50 miliar dolar AS untuk bulan keempat berturut-turut hingga Juni, tetapi ekspor membukukan pertumbuhan negatif pada April dan Juni kecuali untuk Mei mencatat ekspansi. (ant)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.