Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno melanjutkan kunjungannya di Kota Malang pada Rabu (12/9/2018).
Rabu | 12 September 2018 | 14.56 WIB

Hallo.id, Malang - Calon Wakil Presiden yang diusung koalisi partasi Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN Sandiaga Uno melanjutkan kunjungannya di Kota Malang pada Rabu (12/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut, iapun menyapa masyarakat Kampung Budaya Polowijen, Blimbing, kota Malang yang memiliki warisan budaya khas yaitu pembuatan dan melukis topeng kayu.

BACA JUGA : Sandi Berbagi Pengalaman Kewirausahaan Bersama Anak Muda Pelaku Industri Kreatif Malang

"Kita ingin hadirkan pertumbuhan ekonomi. Inisiatif warga di sini salah satunya melalui kampung budaya atau industri pariwisata. Kita berharap sektor pariwisata yang khas dan unik dari setiap wilayah di Indonesia bisa dimaksimalkan untuk pembangunan ekonomi," ujar Sandi.

Selain mewarisi kebudayaan menarik khas Kota Malang, Sandi menilai Kampung Budaya Polowijen mampu menyajikan unsur pengetahuan dan sejarah. Apalagi, Kampung Polowijen memang tak bisa dilepaskan dari nama besar Ken Dedes. Karena 'ibu' yang melahirkan keturunan raja-raja besar di tanah Jawa ini dilahirkan di Kampung Polowijen

"Jadi selain ada unsur pariwisata melalui seni dan budaya, kampung ini pula ada unsur ilmu pengetahuan dan sisi historis dari peradaban bangsa Indonesia. Ini bisa menjadi daya tarik sendiri buat wisatawan apalagi untuk mereka yang berasal dari mancanegara," terang mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Ketika memasuki wilayah kampung tersebut, Sandi langsung disambut oleh rombongan adat dengan aksesoris khas kebudayaan Jawa. Iapun turut menari dengan adat istiadat khas wilayah setempat dan larut dalam suasana bahagia bersama praktisi budaya, komunitas seni maupun pelaku industri jasa ekonomi kreatif lokal.

"Saya melihat 600 hingga 1000 siswa datang ke kampung budaya, kampung yang dikenal dengan kampung pembuatan topeng. Kampung ini bisa menyediakan dan menyerap ribuan lapangan kerja melalui pariwisata," ucapnya lebih lanjut. (yug)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.