Maulidia Octavia atau lebih dikenal dengan nama Via Vallen, adalah seorang penyanyi dangdut berkebangsaan Indonesia.
Jumat | 8 Juni 2018 | 14.5 WIB

Hallo.id, Jakarta -  Di antara korban pelecehan seksual, penyanyi Via Vallen adalah salah satu yang berani membuka diri pada publik.

Pelantun "Sayang" itu bahkan mengunggah hasil tangkapan layar pesan seseorang yang dia terima di Instagram pada, Selasa (4/6). Bunyi pesan itu, "I want u sign for me in my bedroom.....".

BACA JUGA : Di Balik Budaya Menyalahkan Korban Pelecehan

Terlepas tepat atau tidaknya tindakan Via ini, apa yang harus perempuan lakukan jika menjadi korban pelecehan serupa?

"Sebaiknya dilaporkan ke Komnas Perempuan dulu," ujar Praktisi yang salah satunya berfokus pada masalah kekerasan seksual dari SEJIWA, Diena Haryana, saat dihubungi ANTARA News, Kamis (7/6/2018).

Namun, untuk kasus Via yang justru mempublikasikan kasus yang dia alami, Diena memandang hal ini sebagai cara Via menyembuhkan traumanya. Walalu tak semua perempuan sebenarnya mau masalahnya diketahui orang lain.

"Kalau dia mau sendiri seperti itu, bisa jadi itu langkah penyembuhan bagi dirinya. Tetapi tidak semua perempuan punya approach yang sama. Ada yang tidak mau siapapun tahu," tutur dia.

Menurut dia, biasanya para perempuan yang menjadi korban pelecehan akan fokus dulu memulihkan diri. Dia bahkan tak berpikir apapun dulu soal pelaku.  

"Biasanya fokus pada penyembuhan diri dulu. Kalau dia berpikir soal pelaku, maka yang ada adalah ingin  marah dan balas dendam," kata Diena.

Menceritakan pengalaman kepada orang yang dia percaya juga bisa menjadi bagian dari pemulihan dirinya, sekaligus membantu menyelamatkan perempuan lain agar tak mengalami hal serupa. (lws)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.