Toyota Corolla
Selasa | 2 Oktober 2018 | 20.2 WIB

Hallo.id, Jakarta – Sebagai merek kendaraan penumpang dengan penjualan paling besar di Indonesia, Toyota memang memiliki tempat spesial di hati masyarakat Tanah Air. Model terbarunya selalu ditunggu-tunggu, sementara mobil bekas juga banyak diburu orang.

Bukan tanpa alasan. Suku cadang Toyota memang berlimpah, mulai dari yang orisinil sampai tiruannya juaga ada. Belum lagi bengkel resminya dimana-mana. Jadi enggak ribet kalau memelihara mobil Toyota meskipun usianya tua.

Harganya? Justru ini juga yang jadi keistimewaan mobil seken Toyota. Rentang harganya fleksibel. Malah ada yang jual dengan kisaran angka Rp50 juta. Buat yang punya budget pas-pasan, tentu harga tersebut sangat nyaman. 

Mau tau model Toyota apa saja yang bisa Anda pilih dengan kisaran harga tersebut? Berikut rekomendasinya: 

1. Toyota Great Corolla

Toyota Corolla ada di urutan pertama. Model ini jadi model terlaris Toyota di dunia. Toyota Great Corolla (AE101) yang diproduksi mulai dari tahun 1992 hingga 1996, hadir sebagai suksesor dari Corolla Twin Cam (AE92). Untuk model produksi awal, Great Corolla masih mengusung model mesin yang sama dengan Twin Cam.

Sedan kompak yang akrab disebut Greco ini desainnya terinspirasi dari merek Lexus. Chief development Corolla, Dr. Akihito Saito merancangnya dengan konsep mini Lexus yang memadukan unsur kenyamanan dan kemewahan dalam bentuk yang elegan.

Toyota Great Corolla hadir dalam tipe SE dan SEG dengan perbedaan pada kelengkapan aksesori dan fitur. Pada tipe SE, warna handle pintu dan spion yang masih hitam tidak dicat sementara SEG sewarna bodi.

Pada tipe SEG yang menjadi tipe termahal sekaligus terlengkapnya sudah dilengkapi dengan power window, central door lock, electric rectracable mirror, dan terdapat stop lamp pada kaca belakang.

Mesin 4A-FE injeksi ini sanggup menghasilkan tenaga 113 HP @ 5.800 rpm dan 137 Nm @ 4.800 rpm. Greco tergolong sebagai sedan kompak teririt pada zamannya dengan tenaga yang mumpuni. Padahal, mesinnya masih menerapkan teknologi cam ganda dan belum menerapkan sistem VVT-i.

2. Toyota Kijang Super

Kijang Super terkenal karena ketangguhannya. Pada dekade 1990-an mobil ini banyak digunakan sebagai basis angkutan kota. Selain perawatannya mudah, suku cadangnya berlimpah, serta ukurannya yang cukup besar dibanding minibus merek lain.

Salah satu teknologi yang ditonjolkan Toyota dalam produksi Kijang generasi ketiga ini adalah metode ‘Full Pressed Body’ (Super Kijang) dan ‘Toyota Original Body’ (Grand Extra). Kedua metode ini berhasil membuat bodi Kijang lebih kokoh, awet dan kualitas bodi setara sedan.

Kasta tertinggi dalam keluarga Kijang Super yaitu Kijang Grand Extra yang dikeluarkan tahun 1992 sampai 1996 mengalami peningkatan kapasitas mesin menjadi 1800cc. 

Harga jual Kijang Super ini termasuk murah. Dengan uang Rp50 juta saja Anda sudah dapat dengan kondisi yang bagus dan terawat.

3. Toyota Starlet

Bila Anda mencari model hatchback, Starlet mungkin bisa jadi opsi terbaik. Cikal bakal Toyota Yaris ini tersedia dalam dua varian, Starlet Kotak alias Starko dan generasi berikutnya Starlet Kapsul.

Meskipun usianya sudah sangat tua namun Starlet masih sangat diminati dan dicari para penggemar mobil generasi muda saat ini.

Pilihan mesinnya dua, yakni 1E dan 2E berkapasitas 1.000 cc dan 1.300 cc. Di Jepang model ini sudah "disuntik mati" pada Desember 1995. Tetapi diteruskan di Indonesia hingga tahun 1998.

Menyinggung soal harga, Toyota Starlet bekas terbilang terjangkau untuk ukuran sebuah mobil. Akan tetapi jika dibandingkan harga awal saat mobil Starlet ini pertama kali dirilis barulah terlihat jika harganya tidak berbeda jauh.

4. Toyota Corona Absolute

Satu lagi model sedan Toyota yang bisa jadi pilihan adalah Toyota Corona. Sedan medium ini hadir sudah cukup lama di Indonesia, tepatnya sejak era 80-an. Untuk generasi terakhir, Anda bisa memilih Corona Absolute yang menjadi cikal bakal dari Camry.

Corona Absolute hingga kini masih relatif mudah ditemui di jalan dengan ciri bodi yang membulat dan bongsor. Mesin yang cukup responsif berhasil dikombinasikan dengan fitur berkendara yang tergolong mumpuni untuk masanya. Sedan ini masuk kategori mobil bekas murah Toyota karena hadir dengan segudang fitur berkelas namun harganya terjangkau.

Dulunya model ini kurang populer di kalangan anak muda karena terlihat sangat eksclusive. 

Toyota Corona didukung mesin 1.6 liter dan 2.0 liter inline-4. Khusus untuk tipe twincam dan Absolute (EX-Saloon G), mesin 2.0 liter yang digunakan sudah dilengkapi dengan sistem injeksi EFI (Electronic Fuel Injection). Tenaga yang dihasilkan mencapai 126 HP.

Karena menjadi cikal-bakalnya Camry, interior Corona pastinya lega dengan material pilihan yang berkualitas. Toyota Corona dibekali fitur futuristik yakni speedometer digital pada tipe Twincam. Selain itu, di bagian interior Toyota Corona juga sudah dilengkapi dengan AC, radio tape dengan CD changer, power window, electric mirror dan jok fabric.

Saat ingin membeli Toyota Corona, pastikan mobil yang Anda cari adalah tipe Twincam atau Absolute. Tipe ini tergolong masih lebih muda sehingga lebih gampang mencari unit yang kondisinya masih segar.

5. Toyota Soluna

Pilihan mobil bekas murah Toyota lainnya adalah Toyota Soluna. Popularitasnya di Indonesia terbilang singkat, antara 1997-2002. 

Dipilihnya Soluna sebagai armada taksi membuat citranya jatuh, tapi sekaligus membuktikan kualitasnya sebagai sedan yang tangguh dan juga mudah dalam perawatannya. 

Toyota Soluna hadir dalam dua varian yang berbeda yaitu GLI dan XLI. Kehebatan Soluna yaitu pada sisi durabilitas serta efisiensi bahan bakar sehingga versi bekasnya masih banyak jadi incaran. 

Meskipun jadi sedan yang ‘badak’, tapi Soluna menyimpan beberapa kelemahan. Sebagai sedan entry level, Soluna tidak memiliki banyak fitur hiburan pun kenyamanan serta keselamatan. 

Fitur yang tersedia dalam kabin sifatnya standar, seperti AC, audio 1DIN dengan Radio AM/FM, Power Window dan Electric mirror. Sementara untuk fitur keselamatan praktis hanya ada seat belt saja.

Toyota menghentikan penjualan Soluna pada 2003. Saat ini, di pasaran hanya tersedia Toyota Soluna yang dijual secara bekas. Harganya untuk versi mobkas jika melihat dari listing Toyota Soluna yang tersedia di situs online marketplace Carmudi Indonesia, berkisar antara Rp38 sampai 55 jutaan. 

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.