AMMDes
Rabu | 11 Juli 2018 | 19.58 WIB

Hallo.id, Jakarta - GAIKINDO sebagai asosiasi kendaraan roda empat di Indonesia tidak hanya menggandeng pabrikan kendaraan penumpang dan komersial saja dalam pameran yang akan digelar 2-12 Agustus 2018 mendatang.

Mobil pedesaan yang masuk dalam program pengembangan pemerintah pun tak mau kalah gesit dengan hadir di pameran tersebut.

Salah satu yang sudah dipastikan ambil bagian adalah PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). 

Tidak sekadar ikutan, bahkan rencananya KMWI bakal meluncurkan secara resmi satu model terbarunya disamping jajaran mobil pedesaan lain yang sudah diproduksi. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“AMMDes akan di-launching di GIIAS 2018 yang rencananya dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya. 

Ditambahkan oleh Airlangga Hartanto, saat ini mobil pedesaan tersebut tengah masuk tahap finalisasi prototipe dan uji coba. Dan targetnya sudah masuk jalur produksi pada Januari tahun depan. 

Uji coba AMMDes disebutkan meliputi uji performa dan durability secara menyeluruh mulai dari mesin, sasis, suspensi, transmisi dan lain-lain. 

Disebutkan juga bahwa proyek AMMDes nantinya akan di dorong untuk memanfaatkan komponen lokal sebesar 100 persen.

“Melalui konsolidasi dengan pelaku industri nasional, kami berhasil memfasilitasi dalam membangun komitmen kerjasama dengan lebih dari 70 industri yang siap menjadi pemasok komponen AMMDes, dimana sebagian besar adalah industri kecil dan menengah (IKM),” tutur Airlangga.

Sementara itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Harjanto juga menyampaikan komitmen nyata pemerintah dalam mendukung program pengembangan AMMDes karena sangat membantu meningkatkan produktivitas di pedesaan.

“Sesuai dengan filosofinya sebagai alat kerja yang multiguna, AMMDes dirancang memiliki banyak fungsi. Mulai dari fungsi transportasi untuk memobilisasi hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, serta fungsi alat produksi pertanian di pedesaan. AMMDes akan sangat membantu dalam mempercepat distribusi barang antara kota dan desa," pungkasnya.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.