Nissan Terra
Kamis | 11 Oktober 2018 | 19.28 WIB

Hallo.id, Jakarta – Nissan Terra merupakan model terbaru Nissan di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) yang hadir di Indonesia memanfaatkan momentum pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) membanderolnya dengan harga mulai Rp460 juta (harga sementara). 

Mobil yang sudah dibekali dengan kapasitas mesin sebesar 2.500 cc ini menawarkan fitur penunjang off road. Sebut saja Hill Descent Control, Hill Start Assist dan 4WD More Switch yang membantu pengendara menempuh medan yang berat sekalipun.

Bahkan Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru Nissan Terra ini diklaim memiliki kemampuan melewati genangan air atau banjir. Maklum saja, ini menjadi karakter dari mobil petualang seperti Terra.

Meski begitu, tetap saja ada batasan ketinggian air yang jadi rekomendasi pabrikan. Menurut Chief Engineer Nissan Terra Engine, Hinori Awano saat peluncuran Nissan Terra di Filipina, SUV Nissan ini mampu melewati banjir setinggi 450 milimeter.

Tidak lama setelah itu, Awano merevisi pernyataannya dan menyebutkan kalau Nissan Terra masih sanggup melibas banjir dengan ketinggian air hingga 500-600 milimeter.

Pernyataan ini juga dibuktikan dengan tampilan foto pengujian Terra yang melewati genangan air setinggi 700 milimeter. 

Logikanya, bila melewati air dengan kedalaman 700 milimeter, air akan masuk ke dalam kabin lewat celah pintu. Namun disini Nissan kembali menegaskan kelebihannya, bahwa wiring harness di Terra kedap air, jadi air tidak masuk ke kabin saat melalui genangan air dengan ketinggian 700 milimeter.

Tapi ini juga tidak lepas dari skill pengemudi yang membawanya. Bila bukan profesional driver yang melakukannya, sudah pasti mesin mati dan mobil terjebak di tengah banjir.

Tapi kehebatan Nissan Terra dalam melibas genangan air yang tinggi tidak ada apa-apanya kalau dibandingkan dengan kemampuan, harga, spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 2018. Rival berat Nissan Terra di segmen SUV ini punya kemampuan melewati banjir setinggi 1.000 milimeter atau banjir semeter.

Ini diklaim langsung oleh Corporate General Manager Global Pickup Promotion Office Mitsubishi Motor Corporation, Koichi Namiki."Mitsubishi Pajero Sport terbaru sekarang lebih canggih, sehingga mampu melewati banjir hingga 1 meter," ujar Namiki.

Tentu ini jadi psy war yang dilancarkan oleh pihak Mitsubishi menyikapi hadirnya Nissan Terra meramaikan persaingan di segmen high SUV. Tapi selain kedua model tersebut, jangan lupa masih ada Toyota Fortuner yang juga tak kalah canggih dan punya kelebihan yang sama.

 

Sumber : Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.