TATA Euro4
Jumat | 8 Juni 2018 | 8.20 WIB

Hallo.id, Jakarta – Peraturan mengenai standar emisi Euro 4 sudah akan diberlakukan di rentang September 2018 nanti. Peraturan ini berlaku untuk setiap kendaraan bermotor kategori roda empat atau lebih untuk angkutan orang, roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan barang, dan kendaraan penarik untuk gandeng atau tempel.

Menyambut pemberlakuan aturan ini, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku agen distributor resmi mobil komersial Tata Motors di Indonesia mengaku sudah siap. 

Apalagi produk-produk mobil penumpang dan komersial yang diproduksi di India ini semuanya sudah memenuhi standar emisi Euro4. 

“Produk kita sudah siap semua. Kita tau kalau untuk truk Tata Motors sudah pakai sistem common rail. Tinggal di ubah sedikit saja dari sistem elektriknya, sudah bisa pakai bahan bakar minyak yang standar Euro4,” ujar Commercial Vehicle Brand & Marketing Manager TMDI Wilda Bachtiar.

Alasan megapa sampai saat ini Tata Motors masih menjual produk dengan standar emisi Euro2 karena mengikuti standar emisi yang masih berlaku di Indonesia. Seperti diketahui, sejak 2005 sampai sekarang Indonesia masih menggunakan standar Euro2, sementara negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura sudah lama upgrade ke standar emisi Euro4.

"Bila standar emisi Euro4 sudah berlaku, pemilik Tata Motors tak usah khawatir, kita siap untuk lakukan penyesuaian sedikit saja," terang Wilda.

Penyesuaian yang dimaksud tersebut adalah penggantian catalytic converter. Tapi ini juga tergantung kebutuhan karena menurutnya teknologi mesin tiap-tiap merek itu berbeda-beda. 

Kebijakan pemerintah terait standar emisi Euro4 tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan NO.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.