Pertamina UNS Baterai Lithium
Kamis | 19 Juli 2018 | 21.20 WIB

Hallo.id, Jakarta - Diam-diam PT Pertamina (Persero) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil memproduksi Lithium Ion Battery (LIB) untuk penggerak motor listrik yang hemat dan murah.

Ini merupakan langkah nyata PT Pertamina (Persero) dalam mendukung pengembangan energi baru terbarukan yang sesuai dengan Roadmap Pertamina 2030.

“Baterai menjadi isu penting bagi pengembangan kendaraan listrik. Karena itu teknologi pembuatan baterai menjadi bisnis yang strategis. Sebagai BUMN energi, Pertamina akan menjadi produsen baterai kendaraan listrik. Karena tanpa teknologi pembuatan baterai ini, Indonesia hanya akan menjadi pasar bagi produsen negara lain,” jelas Gigih beberapa waktu lalu. 

Baterai ini diklaim sanggup menggerakkan kendaraan roda dua hingga jarak 80-100 kilometer dengan biaya cuma Rp5000. 

Perbandingan dengan menggunakan BBM akan dirasakan sangat jauh lebih murah. Satu unit battery pack memiliki kapasitas 3 kWh untuk motor listrik dengan kekuatan 5 kW. Atau lebih kurang setara dengan mesin motor dengan pembakaran internal berkapasitas 125-150 cc.

“Kendaraan listrik yang didesain menggunakan battery pack cukup 2-3 kali pengisian ulang per minggu untuk pemakaian normal di dalam kota,” jelas Herutama Trikoranto, Senior Vice President Research & Technology Center PT Pertamina (Persero).    

Herutama mengungkapkan LIB produksi Pertamina – UNS ini merupakan produk Lithium Ion Battery pertama karya anak bangsa yang dibuat pada skala demonstration plant. 

“Baterai ini telah menjadi salah satu dukungan Pertamina untuk energi masa depan karena tren penggunaan energi fosil akan bergeser ke energi baru terbarukan,” tambahnya. 

Kedepannya, Pertamina akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga riset untuk pengembangan serta peningkatan kapasitas baterai serta peningkatan aspek keamanannya.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.