Mata Elang
Kamis | 5 Juli 2018 | 15.45 WIB

Hallo.id, Israel - Sebuah perusahaan bernama Ride Vision saat ini tengah mengembangkan teknologi kamera pengawas pada kendaraan roda dua guna membantu meningkatkan visibilitas pengendara.

Fitur baru tersebut diberi nama Collision Aversion Technology (CAT) yang diadopsi dari teknologi keselamatan kendaraan roda empat bernama ADAS (Advanced Driver Assistance Systems).

“Kami tahu bahwa sepeda motor adalah kendaraan unik dan menuntut solusi yang unik. Hasil analisa kami bahwa perilaku dan ancaman jalan sepeda motor itu berbeda dengan mobil,” ujar Uri Lavi, CEO Ride Vision ditulis Carmudi.co.id.

Itulah alasan kami sebagai perusahaan teknologi mengembangkan fitur ini, sehingga nantinya akan tersedia fitur-fitur yang memberi peringatan dini bagi pengendara.

Saat bermanuver, pengendara belum tentu bisa mengawasi seluruh sisi motor. Hanya berusaha fokus ke depan. Begitu juga saat melaju dengan kecepatan tinggi, kadang lupa atau sulit memperhitungkan jarak aman dengan kendaraan di depan. 

Ini menyebabkan potensi terjadinya benturan semakin besar. 

CAT merupakan teknologi kamera 360 derajat yang bisa membantu pengendara motor dalam melakukan monitoring keadaan sekeliling saat berkendara.

‘Mata Elang’ yang diciptakan perusahaan asal Israel ini sangat membantu meningkatkan responsif pengendara akan adanya bahaya yang mendekat. 

Namun disebutkan Ride Vision masih menemui tantangan soal dimensi. “Tantangan saat ini meliputi teknis dimana kita perlu menyediakan solusi teknologi tanpa menambah banyak biaya, kemudian ukuran dan bobot dari alatnya itu sendiri," pungkas Lavi.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.