Pilkada akan Dorong Konsumsi Masyarakat Sulut
Kamis | 11 Januari 2018 | 14.55 WIB

Hallo.id, Manado - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 dan 2019 akan mendorong konsumsi masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Sulut, MHA Ridhwan mengatakan kegiatan politik yang terjadi pada dua tahun berturut-turut yakni di 2018 dan 2019 diperkirakan akan membantu peningkatan konsumsi rumah tangga sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi.

Dalam hal ini, katanya, pemerintah terus berupaya mengendalikan sejumlah risiko agar tidak memberi efek negatif bagi perekonomian.

Konsumsi masyarakat akan meningkat baik pemerintah maupun swasta dan berdampak ganda karena akan ada pembuatan sablon, kaos.

Juga, katanya, berdampak pada media masa. Intinya, pilkada berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Sulut.

Ridwan mengatakan yang perlu diwaspadai resiko keamanan, tapi berkaca dari pengalaman pilkada tahun-tahun sebelumnya, Sulut tetap aman.

Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo mengatakan di tengah upaya memacu pertumbuhan ekonomi, terdapat sejumlah risiko yang perlu diantisipasi, baik bersumber dari eksternal maupun domestik.

Risiko eksternal berupa risiko terkait rencana pengetatan kebijakan moneter di negara ekonomi maju, risiko kenaikan harga minyak ditahun 2018 dampak kesepakatan dari negara-negara penghasil minyak untuk memangkas produksi dan ekspor, serta risiko geopolitik.

Di sisi domestik, katanya, risiko berasal dari belum kuatnya konsumsi rumah tangga dan intermediasi perbankan. Khusus regional Sulut, risiko bersumber dari permasalahan di infrastruktur seperti pembebasan lahan dan potensi defisitnya pasokan listrik seiring dengan naiknya kebutuhan daya masyarakat.

"Risiko lainnya yaitu potensi terganggunya manajemen dan administrasi pemerintah daerah sebagai dampak Pilkada kabupaten/kota," jelasnya, seperti dikutip Antara.

Seperti dikutip Antara,Provinsi Sulut sendiri terdapat enam daerah yang akan melaksanakan pilkada yakni Minahasa, Minahasa Tenggara, Bolmong Utara, Kota Kotamobagu, Talaud, dan Sitaro. (nlt)
 


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.