Pintar Pilih Mobil Bekas, Jangan Sampai Beli Mobil Hasil Korupsi
Selasa | 22 Mei 2018 | 15.19 WIB

Hallo.id, Jakarta - Hati-hati sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, jangan sampai terjebak dalam masalah yang ujung-ujungnya bakal menyeret Anda ke ranah hukum.

Loh, apa urusannya? Beli mobil bekas malah terjerumus dengan masalah hukum.

Perlu diketahui bahwa membeli mobil bekas tidak sesederhana datang ke showroom, naksir unit, bayar DP atau bayar cash, terus dibawa pulang. Perlu diingat bahwa mobil tersebut sebelumnya milik seseorang yang mungkin kita sendiri tidak tau tentang latar belakangnya.

Adji Yuwana Pratama, Marketing Section Head mobil88, menghimbau sebelum beli mobil bekas, perhatikan beberapa hal agar tidak kecewa nantinya. 

"Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Harus mengecek terlebih dahulu surat-surat dari mobil yang hendak dibeli. Lihat lokasi belinya dimana dan siapa penjualnya. Yang pasti kondisi mobilnya bagus dan dokumen-dokumennya terjamin," terangnya.

Mengapa hal ini sangat perlu? "Sekarang marak kasus korupsi, khawatirnya mobil yang dijual untuk membuang barang bukti. Apalagi jelang tahun politik seperti sekarang, banyak uang panas keluar,” papar Adji.

Tidak semua penjual mobil bekas memasarkan produknya dengan jujur, banyak juga yang memanfaatkan situasi dengan menipu calon pembelinya.

Menghindari hal ini, Adji coba menyarankan setiap konsumen agar membeli mobil bekas di tempat yang sudah terpercaya atau berdasarkan rekomendasi saudara dan teman dekat.

Ada juga calon pembeli yang merasa lebih aman untuk datang dan melihat unit mobkas dari tangan pemilik langsung, bukan showroom. Ini tentu sangat positif, tapi ada baiknya cari penjual yang sudah dikenal. 

“Kalau gak kenal lebih baik jangan maksain diri untuk membeli. Bisa jadi hari ini beli ke si A yang rumahnya di daerah Penjompomgan, ternyata beberapa bulan kedepan si penjual sudah pindah rumah. Itu sangat bahaya sekali. Sulit nantinya jika pembeli ingin melayangkan komplain,” pungkas Adji. (tri)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.