Polres Bogor Minta Pemudik Pilih Waktu Mudik
Selasa | 12 Juni 2018 | 15.46 WIB

Hallo.id, Cibinong - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bogor, Jawa Barat meminta masyarakat untuk lebih jeli dalam memilih waktu mudik dengan memanfaatkan dua alternatif jalan maupun penggunaan transportasi umum pada "H-3" Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Itu antaranya jalan tembus Jalur Tenjoayu, Kecamatan Cicurug dan jalur alternatif Nagrak-Cibadak agar tidak terjebak kemacetan. Ini lebih dikhususkan untuk kendaraan roda dua," kata Kepala Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bogor AKP Hasby Ristama di Cibinong, Selasa (11/6/2018).

Menurut dia pengendara harus memanfaatkan jalur alternatif tersebut seperti melalui Jalur Tenjoayu, Kecamatan Cicurug dan jalur alternatif Nagrak-Cibadak agar tidak terjebak kemacetan.

Tetapi dalam mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan maka pada setiap ruas jalan sudah menyiagakan anggota untuk sistem pengaturannya. Dan dalam upaya tersebut meminta masyarakat yang hendak merayakan Lebaran 1439 Hijriah harus mematuhinya.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat agar lebih menggunakan ruas Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi). Namun, juga harus menggunakan estimasi waktu agar dapat sampai tujuan dengan selamat.

Pasalnya untuk jalur tol tersebut masih sedikitnya rambu-rambu jalan dan penerangan. Itu disebabkan pada jalur tersebut belum terselesaikan secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, masyarakat harus dapat mengatur waktu keberangkatan agar lebhih efisien dan tentunya sampai tujuan maupun bisa berkumpul dengan keluarganya untuk merayakan bersama.

Sementara itu, Kepala Polres Bogor, AKBP Andi M Dicky mengatakan dalam mudik "H-3" Lebaran 1439 Hijriah tentu beberapa ruas jalan akan sedikit mengalami peningkatan.

Itu dikarenakan masih banyaknya perusahaan swasta yang berlakukan cuti bersama pada "H-2". Oleh karena itu akan ada penjagaan dan pengaturan arus seperti pada daerah Ciawi, Jalur Puncak-Cisarua.

Ini adalah salah satu cara agar dapat melakukan penguraian arus jalan. Selain itu bertujuan agar mudik 2018 dapat berjalan dengan tertib, aman maupun terkendali.

Namun untuk Rus Tol Bocimi untuk saat ini masih terkendali dengan kondisi lalulintas ramai lancar. Tetapi tetap harus berhati-hati bagi pengemudi karenanya masih kurangnya penerangan jalan. (may)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.