Anggota Komisi I DPR RI fraksi Gerindra, Andika Pandu Puragabaya.
Kamis | 13 September 2018 | 12.20 WIB

Hallo.id, Jogja - Televisi di era reformasi tidak hanya berfungsi sebagai media penyampai pesan, tetapi juga berfungsi sebagai penarik minat massa untuk meraup dukungan dalam segala hal. Sebagai media komunikasi massa yang penuh dengan tayangan-tayangan audio visual, bukan tidak mungkin televisi menjadi pusat perhatian.

Hal ini seperti diungkapkan anggota Komisi I DPR RI fraksi Gerindra, Andika Pandu Puragabaya saat memberikan respon terkait kegaduhan adanya wacana pemilik media beramai-ramai merapat ke kubu Jokowi.

BACA JUGA : Generasi Milenial Saat Ini, Harus Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik di Masa Depan

Hal ini memberikan implikasi jika media tidak lagi menjadi sarana untuk mencerdaskan atau menerangkan kepada masyarakat, tapi justru cenderung dimanfaatkan untuk menggiring opini. 

"Saya khawatir, selama kampanye nantinya masyarakat bakal disodori oleh informasi yang timpang dan berpihak kepada salah satu calon," urai Andika Pandu disela-sela menghadiri rapat koordinasi pemenangan Pilres dan Pileg di Hotel New Saphir.

Menurutnya, jika hal tersebut terjadi, maka otomatis bakal menambah kegaduhan serta mengaburkan pemahaman masyarakat terhadap realitas politik yang sesungguhnya di lapangan. Sehingga dirinya sangat berharap pemilik media dapat profesional dalam menjaga etika jurnalistik.

“Harus ada pemisahan jelas antara pers dan praktik politik di negeri ini, sehingga masyarakat diberikan informasi yang relatif netral,” imbuhnya.

Karena itu, Dia berharap media tidak cukup menjadi sumber informasi semata, tapi juga bisa menjadi pemilih serta mengevaluasi para kandidat pemimpin bangsa melalui visi dan misi serta realisasi dari janji-janjinya. 

Di era media yg semakin terpolitisasi ini, media tidak bisa menjadi sumber yang cukup. Sebaiknya publik lebih kritis fokus dalam realisasi janji-janji kontestan terpilih. (ver)
 


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.