Prediksi Inggris Vs Belgia
Kamis | 28 Juni 2018 | 16.52 WIB

Hallo.id, Kaliningrad - Manchester City versus Manchester City, demikian ilustrasi yang memampatkan duel antara Inggris dan Belgia dalam perhelatan Piala Dunia 2018, meskipun kedua negara sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar setelah mengamankan enam poin dari hasil dua laga terdahulu.

Sejatinya, laga ini bertujuan untuk berebut posisi pertama dan kedua klasemen Grup G. Inggris siap beradu kuat dalam pertandingan terakhir di Grup G Piala Dunia 2018, yang diadakan di Kaliningrad Stadium, Kaliningrad, pada Kamis waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 01.00 WIB. Duel itu akan ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

Ada empat pemain Manchester City yang memperkuat Inggris, dan dua personel The Citizens yang membela Belgia. Bek Three Lions, sebutan bagi timnas Inggris, John Stones berkata kepada FIFA TV, bahwa pertandingan di Kaliningrad nanti memotivasi pemain agar memunculkan penampilan terbaik di Piala Dunia.

Kedua tim diprediksi bakal menurunkan tiga bek, yang memungkinkan kedua kesebelasan bermain lebih terbuka dengan jual beli serangan. Para pemain depan dari kedua tim siap menerjang dan menerobos lini pertahanan lawan, dengan didukung para pemain sayap yang cepat dan trengginas.

Pelatih kepala Belgia Roberto Martinez mengungkapkan bahwa Romelu Lukaku belum pasti benar siap tempur melawan Inggris. "Cedera yang ia derita tidak terlalu berkepanjangan. Hasil pemindaian menunjukkan warta positif bahwa ia berangsur pulih dari cedera, meski saya belum dapat memastikan juga."

Sementara itu, manajer timnas Inggris Gareth Southgate menaruh hormat kepada Roberto Martinez. Mengenai Belgia, ia berkomentar, "Pertandingan besok bakal berlangsung alot karena kami belum tahu mereka bakal tampil seperti apa. Mereka memang memainkan sistem yang sama dalam 20 pertandingan, tetapi saya yakin bakal ada sedikit perubahan, dengan menimbang komposisi pemain."

Ketika mengomentari soal Piala Dunia, Martinez mengemukakan, "Piala Dunia benar-benar tidak terlalu mempertimbangkan talenta perorangan. Semuanya bersandar hanya kepada kerjasama tim dengan dibarengi kerja keras. Para pemain saya memahami hal itu. Saya beranggapan bahwa hal itu bukti bahwa mereka adalah para pemain yang matang menghadapi segala situasi."

Belgia menyimpan drama menarik. Ada tiga bahasa yang digunakan di negara itu, yakni Belanda, Prancis dan Jerman. Hanya saja ketika para pemain bersatu dan berlatih dalam tim, mereka justru menggunakan bahasa Inggris, utamanya ketika para staf pelatih berada di lapangan.

 Anatomi Inggris vs Belgia:

Head-to-head:
* Inggris tidak terkalahkan dalam dua pertandingan sebelumnya melawan Belgia di Piala Dunia.
* Kedua timnas bermain imbang 4-4 dan Inggris menang 1-0 di putaran kedua Piala Dunia 1990 berkat gol dari tendangan voli yang dilepaskan oleh David Platt dalam perpanjangan waktu.

Inggris:
* Inggris membukukan delapan gol di Piala Dunia 2018 ini, sebanyak di Piala Dunia 1954 dan 1990. Mereka mampu mencetak 11 gol pada Piala Dunia 1966.
* Inggris mampu meraih tiga kemenangan di babak penyisihan grup di Piala Dunia 1982, ketika mereka mengalahkan Prancis, Cekoslowakia dan Kuwait.
* Harry Kane telah mengoleksi lima gol dalam babak penyisihan grup dalam turnamen ini. Pemain yang mampu mencetak enam gol di babak yang sama, yakni penggawa Rusia, Oleg Salenko dalam Piala Dunia 1954.
* Kane mencetak gol dalam lima penampilan ketika membela Inggris. Prestasi yang serupa juga dicapai oleh Tommy Lawton bagi skuad Three Lions di Piala Dunia 1939.
* Kane melesakkan lima gol dari lima tembakan tepat sasaran dalam turnamen ini.

Baca juga: Pencetak gol terbanyak Piala Dunia, Harry Kane lewati rekor Ronaldo
     
Belgia:
* Belgia meraih kemenangan dari dua laga di Piala Dunia dengan marjin tiga gol.
* Ini kesempatan kelima bagi Belgia yang mampu menang di dua laga pembuka.
* Belgia  yang berjuluk The Red Devils tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan di babak penyisihan Piala Dunia.
* Michy Batshuayi mencetak satu gol dari enam percobaan dalam 22 menit ia turun ke lapangan.

Data dan fakta:

Inggris:
* Kyle Walker dan Ruben Loftus-Cheek terancam suspensi, kalau menerima kartu kuning lagi.
* Dele Alli masih belum pasti bermain karena masih menderita cedera, meski ia bisa saja diturunkan dalam laga di Kaliningrad nanti.
* Gareth Southgate besar kemuingkinan mengubah komposisi pemain, dengan menurunkan Eric Dier, Fabian Delph, Marcus Rashford dan Trent Alexander-Arnold.
* Harry Kane siap tempur melawan Belgia.
* Inggris selalu menang dalam enam laga terakhir di Piala Dunia.

Belgia:
* Roberto Martinez diterpa keraguan mengenai kebugaran dan kesiapan Romelu Lukaku, Dries Mertens dan Eden Hazard. Tiga pemain ini belum tentu bermain menghadapi Inggris.
* Vincent Kompany dan Thomas Vermaelen diharapkan tampil untuk kali pertama di Piala Dunia 2018 ini. Menempati posisi yang selama ini ditempati Dedryck Boyata dan Jan Vertonghen,     
* Vertonghen, Kevin De Bruyne dan Thomas Meunier terancam terkena suspensi bila menerima kartu kuning dari wasit dalam pertandingan ini.
* Belgia sekurang-kurangnya mencetak tiga gol dalam empat pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia.

 Prakiraan susunan pemain:
* Inggris (3-5-2):
Jordan Pickford (penjaga gawang); Phil Jones, John Stones, Gary Cahill; Trent Alexander-Arnold, Ruben Loftus-Cheek, Eric Dier, Jesse Lingard, Danny Rose; Marcus Rashford, Harry Kane

* Belgia (3-4-2-1):
Thibaut Courtois (penjaga gawang); Thomas Vermaelen, Dedryck Boyata, Toby Alderweireld; Mousa Dembele, Marouane Fellaini, Nacer Chadli, Thorgan Hazard, Youri Tielemans, Eden Hazard, Michy Batshuayi

Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Harry Kane (40 persen)
2.Eden Hazard (30 persen)
3.Romelu Lukaku    (20 persen)
4.Kevin De Bruyne (10 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Belgia merupakan lawan yang sungguh berat bagi Inggris di Piala Dunia 2018.
* Southgate menjaga dan memompa semangat tim asuhannya, dan mengganggap bahwa pertandingan ini merupakan "momentum" terbaik meningkatkan kekompakan tim secara keseluruhan.
* Baik Inggris maupun Belgia sama-sama menimbang untuk mengubah susunan pemain. Inggris siap meningkatkan kekuatan dan kedalaman dalam melakukan serangan.
* Ada warta yang menyebutkan bahwa posisi Harry Kane akan diisi oleh Jamie Vardy saat melawan Belgia.
* Roberto Martinez besar kemungkinan mengubah skema bermain ketika melawan Inggris. Ia amat berhitung ketika berhadapan dengan tim asuhan Southgate.
* Martinez bisa saja mengubah formasi 3-4-2-1 dengan menurunkan enam wajah baru di susunan pemain, dengan Thomas Vermaelen, Michy Batshuayi, dan Romelu Lukaku berada di lini serang.

Prediksi  hasil laga:
* Inggris: 1
* Belgia: 0. (ant)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.