Riset E-Commerce : Pembeli Milenial Indonesia Naik 5 Kali Lipat
Kamis | 8 Februari 2018 | 9.58 WIB

Hallo.id, Jakarta - Sebuah hasil riset yang dirilis oleh sebuah perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, Shopee mengungkapkan bahwa pembeli milenial Indonesia di e-commerce naik hingga lima kali lipat selama setahun terakhir. "Baik pembeli dan penjual e-commerce saat ini adalah milenial. 70 persen penjual di Shopee adalah milenial," kata Rezki Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar dalam konferensi pers di Jakarta (7/2/2018). 

Lebih lanjut Rezki mengungkapkan, tren pengguna milenial Indonesia di tahun ini berdasarkan riset mereka, kategori teratas yang masih akan dicari adalah pakaian wanita, perawatan dan kecantikan, serta pakaian muslim. Sementara kategori yang paling meningkat di tahun ini diprediksi adalah tas pria, otomotif dan elektronik.

Dari sisi kebiasaan pengguna milenial, mereka lebih memilih pembayaran lewat ATM atau transfer dan jam aktif mereka berbelanja online adalah jam 11-14 serta 18-19. Sementara pembelian tertinggi ada setiap hari Senin di tanggal muda. Menurut Rezki, milenial lebih suka e-commerce yang bisa diakses via gadget dan memiliki fitur chat live. "Di Shopee live chat meningkat 80% di jam aktif," kata Rezki. 

Peningkatan transaksi di kalangan milenial tersebut mendorong Shopee menunjuk Prilly Latuconsina, seorang aktris dan entrepreneur muda berbakat yang juga merupakan true online shopper, sebagai Brand Ambassador mereknya. Prilly Latuconsina adalah Brand Ambassador Shopee Indonesia yang pertama. 

"Pemilihan Prilly sebagai duta merek Shopee karena memiliki factor aspirasional, dinamis, muda, dan yang terpenting, true online shopper. Prilly dapat mewakilkan posisi brand Shopee sebagai platform e-commerce terdepan, terutama di kalangan milenial yang merupakan mayoritas dari pengguna kami," kata Rezki. 

Sementara itu Prilly yang hadir saat acara juga menyatakan senang terpilih menjadi duta merek Shopee. "Belanja online terutama di Shopee, telah sangat dekat di hati saya. Disela-sela kesibukan seperti istirahat shooting atau saat terjebak kemacetan, saya suka browsing untuk melihat produk-produk yang menarik," kata pemeran film Danur ini. 

Sejalan dengan peresmian ini, Shopee juga akan menyelenggarakan kampanye belanja spesial, bertajuk "Shopee Days of Love" mulai dari tanggal 1 - 14 Febuari, dengan menghadirkan diskon hingga 80% dan kesempatan memenangkan Grand Prize cincin berlian. Shopee telah diunduh oleh lebih dari 25 juta kali di Indonesia. 

Sejak peluncurannya, Indonesia telah menjadi salah satu pasar terbesar Shopee. Selain itu Shopee telah sukses menjangkau pengguna di 515 kota dan kabupaten seluruh Indonesia. (tri)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.