Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo.
Kamis | 11 Juli 2019 | 13.23 WIB

Hallo.id,Jakarta - Nama wakil Koordinator bidang Pratama DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo kian melejit menjelang musyawara nasional (Munas) untuk pemilihan Ketua Umum bari periode 2019-2024. Kepiawaian Bamsoet demikian ia disapa dalam memimpin organisasi tak lagi diragukan. Pengakuan itu tak hanya datang dari kader-kader partai politik berlambang pohon beringin,namun juga para koleganya. 

Salah satunya adalah budayawan dan rohaniwan Romo Antonius Benny Susetyo, staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP). Seperti apakah sosok Bamsoet di mata Romo Benny Susetyo? Berikut sepenggal testimoni nya terhadap bakal calon Ketua Umum DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo pada Munas Golkar mendatang. 

"Ya, saya meneganl nya dengan baik. Bambang Soesatyo (Bamsoet) itu orangnya komunkatip. jaringannya luas. Memiliki relasi yang sangat besar dengan elemen bangsa. Maka menurut saya, dia pantas jadi Ketua Umum Golkar. Karena kemampuan manerialnya, kemampuan komunikasinya dan juga rekam jejaknya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI. Jadi, selama dia memimpin DPR kan cukup bagus. Artinya, peluang dia calon Ketua Umum Golkar menurut saya sangat mumpuni," kata Romo Benny Susatyo dihubungi media ini,Rabu (10/7/2019). 

"Jadi, kalau Golkar ingin maju, ingin berkembang, ingin memperbaharuii diri ya salah tokoh yang pas sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar ke depan adalah Bambang Soesatyo," papar  staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) asal Malang,Jawa Timur itu. 

Benny menceriterakan, bahwa hubungan nya dengan Ketua DPR Bambang Soesatyo selama ini sebatas sahabat. Keduanya sering berkomunikasi, berinteraksi dalam pengembangan wawasan kebangsaan yang menjaga idiologi Bangsa ya Pancasila itu.

"Karena komitmen kita dengan Bambang Soesatyo itu adalah bagaimana idiologi bangsa itu menjadi alat pelekat,pemersatu dan menjadi salah satu kebijakan dari negara ini. 

Dan selama dia menjadi Ketua DPR RI sangat mendukung program pengembangan Idiologi Pancasila menjadi kekuatan bersama terhadap idiologi yang lain terutama idiologi nasionalisme.Selain itu komitmen dia cukup kuatlah dalam mengembangkan Pancasila itu sendiri," beber budayawan kelahiran Batu Malang, Jawa Timur 10 Oktober 1968 itu. 

Lanjut nya, sepak terjang Bambang Soesatyo selama menjadi Ketua DPR RI sangat baik. Dia banyak lakukan terobosan baru. Dengan itu, lembaga lembaga Parlemen yang dipimpinnya sekarang ini mengalami perubahan dari sebelumnya. 

"Saya lihat,jamannya pak Bambang Soesatyo ini situasi di DPR itu lebih kondusif. Dan mampulah dengan perbedaan dan resiko politik yang baik. Pak Bambang itu mampu menyatukan bahkan menjaga situasi politik dengan sangat baik. Sehingga pemerintahan Pak Jokowi hingga sekarang berjalan stabil. Karena pak Bambang Soesatyo menjadi salah satu tokoh komunikator yang baik untuk bangsa dan negara ini. Terutama dalam menjaga keindonesiaan itu," ujarnya.

Terkait majunya Bamsoet sebagai bakal calon Ketum Golkar, Benny mengatakan, koleganya kalau tidak didukung oleh kader golkar, mungkin juga tak mau maju calketum. Namun atas dorongan dari grass rood sehingga mantan wartawan itu bersedia untuk maju. 

"Ya, kalau itu kan wajar dalam kompetisi. Setiap orang yang baik itu kan harus maju. Karena ini demi negara dan bangsa. Menurut saya, semakin banyak kompetitor, maka semakin banyak negara ini harus diisi dengan orang-orang baik untuk memimpin,entah itu partai politk atau apapun. Itu kan semakin baik untuk membangun politik Indonesia ke depan," imbuh Benny Susetyo. 

"Bambang Soesatyo itu sosok yang komplit. Dia seorang wartawan, politikus, pengusaha dan juga memiliki jaringan luas, komunikatip, dan memiliki juga network yang cukup luas. Tidak hanya dari Golkar,tapi semua kalangan. Sementara dia adalah seorang yang mampu dalam berkomunikasi dengan semua pihak."

Bamsoet di Mata Romo Benny Susetyo

"Bambang Soesatyo itu sosok yang komplit. Dia seorang wartawan, politikus, pengusaha dan juga memiliki jaringan luas, komunikatip, dan memiliki juga network yang cukup luas. Tidak hanya dari Golkar,tapi semua kalangan. Sementara dia adalah seorang yang mampu dalam berkomunikasi dengan semua pihak."

Di balik keluwesan, kegelisahan dan kecerdasan membuat Bamsoet pun kadang 'nakal' dengan ide-ide yang segar dan solusif. Kenakalan Bamsoet kata Benny Susetyo ketika meluncurkan sebuah ide gila yakni perlunya dibentuk "Kementerian Kebahagiaan" di era presiden Jokowi. Candaan Bamsoet,kata Benny bisa dipahami bahwa rakyat memang butuh pengelolaan ekonomi yang dapat membahagiakan seluruh rakyat di negei ini. 

Alumni Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana Malang tahun 1996,Jawa Timur ini mengaku, kemampuan Bamsoet untuk memejukan dan memperbaikan citra partai Golkar sangat beralasan. Bamsoet memang selalu percaya diri dan yakin jika apa yang dikerjakan (akan) berhasil. 

"Bambang Soesatyo itu orangnya penuh percaya diri. Meski pernah gagal dan kandas, bahwa nyaris tewas tapi dia tak menyerah. Itu yang membuat dirinya melesat ketika dipercaya Golkar untuk jadi Ketua DPR RI pasca Setya Novanto terjerat kasus hukum dan meletakan jabatan Ketum Golkar dan Ketua DPR RI. Di politik dia juga menggebrak hebat begitu masuk Parlemen. Karier politiknya menjadi present suprise bagi saya," kata Romo Benny.

"Jadi, menurut saya, Partai Golkar harus bersyukur dan bangga memiliki kader seperti Bambang Soesatyo. Dia politisi yang periang,penuh percaya diri, integritasnya tak perlu diragukan lagi. Berlatar belakang wartawan sehingga cepat memahami persoalan dengan memberi solusi dalam setiap sikapnya yang kritis. Maka, partai Golkar beruntung punya sosok bertipikal extarordinary seperti Bambang Soesatyo," beber Romo Benny Susetyo. 

"Menurut saya, sebagai seorang negarawan maka Bambang Soesatyo harus tetap maju dan menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Dia harus mampu memajukan dan mewujudkan cita-cita untuk membangun Golkar yang lebih baik dan maju," imbu nya. 

Lalu, jika Bamsoet terpilih jadi Ketua Umum Partai Golkar 2019-2024, maka Romo Benny sangat menaru harapan akan Golkar akan menjadi Partai politik yang lebih baik dan mempertahankan perjuangannya untuk bangsa dan negara. 

"Ya, diharapkan, kalau dia jadi Ketua Umum Partai Golkar, maka harus semakin memperkokoh persatuan dan bagaimana mengaktualisasikan Pancasila dalam kebijakan-kebijakan publik. Karena peranan ke depan memang sangatlah penting. Golkar untuk menjaga keutuhan bangsa ini. Maka, kalau Bambang Soesatyo itu mampu  untuk terpilih sebagai Ketua Umum Golkar ya diharapkan memiliki daya tarik dan kekuatan serta adanya pembaharuan dalam pengorganisasian Partai Golkar itu ke depan," tutup Romo Antonius Benny Susetyo,Pr. (dom)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.