komunitas pegiat pariwisata dan pemuda peduli pariwisata Lombok, melakukan kajian terhadap permasalahan ekonomi yang sedang dihadapi oleh Indonesia.
Kamis | 11 Oktober 2018 | 12.4 WIB

Hallo.id, Jakarta - Lemahnya nilai mata uang Rupiah terhadap Dollar dan sejumlah mata uang asing lainnya membuat banyak masyarakat, pemerhati dan pelaku ekonomi khawatir.

Lemahnya nilai tukar Rupiah ini dapat bernilai positif maupun negatif, yang tentunya dapat berimbas pada gejolak perekonomian.

"Apabila tidak ditanggulangi dengan baik dapat berimplikasi serius pada tatanan kehidupan masyarakat," kata Taufan Rahmadi , Jubir Badan Pemenangan Prabowo Sandi di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Taufan yang juga Founder Temannya Wisatawan, komunitas pegiat pariwisata dan pemuda peduli pariwisata Lombok, melakukan kajian terhadap permasalahan ekonomi yang sedang dihadapi oleh Indonesia ini. 

Fokus kajian tersebut adalah untuk mengatasi permasalahan perekonomian dengan pariwisata sebagai solusi.
Kajian tersebut menghasilkan 8 gagasan, yang sekiranya apabila diterapkan, maka pelaku pariwisata dapat tetap mengambil manfaat dari lemahnya nilai tukar Rupiah, sekaligus membantu perekonomian bangsa dengan membantu penguatan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing.

Delapan gagasan yang ditawarkan oleh Komunitas Temannya Wisatawan sebagai solusi permasalahan ekonomi bangsa terutama masalah pelemahan nilai mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika:

Pertama, gebyarkan kebanggaan berwisata di dalam negeri. 

Kedua, dorong maskapai penerbangan memberikan tiket super murah menuju Destinasi Pariwisata Unggulan.

Ketiga, tingkatkan peran serta pemda di destinasi pariwisata untuk fokus pada pengembangan layanan jasa pariwisata. 

Keempat, ciptakan destinasi-destinasi wisata baru yang dapat menjadi  maghnet bagi wisatawan untuk datang.

Kelima, tingkatkan insentif bagi para pelaku Industri Pariwisata untuk berpromosi di negara-negara  yang menjadi target utama wisatawan mancanegara. 

Keenam, perkaya varian dari produk-produk wisata yang ditawarkan kepada para wisatawan.

Ketujuh, masifkan informasi di semua kanal media terkait kemudahan yang diberikan  kepada para wisatawan, seperti kebijakan bebas visa, dan sebagainya. 

Kedelapan, pastikan jaminan keamanan bagi para wisatawan mancanegara yang datang berkunjung.

Delapan gagasan tersebut diharapkan dapat diterapkan oleh pihak-pihak terkait, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku industri pariwisata, sehingga roda perekonomian bangsa dapat terus bergerak demi terciptanya Indonesia Adil dan Makmur di masa depan . (rin)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.