Kepiting Dandito, Balikpapan.
Minggu | 21 Juli 2019 | 0.12 WIB

Hallo.id, Balikpapan - Mengunjungi Kalimantan tak lengkap rasanya jika Anda hanya mampir ke tempat wisata tanpa mencoba mencicipi kuliner yang ada di sekitarnya. Berbagai masakan khas Kalimantan selalu membuat kangen siapapun yang datang terutama sajian masakan seafoodnya. Ada sebuah resto terkenal enak dengan bumbu olahan seafoodnya yaitu Resto Dandito. Menu khas Dandito Resto ini adalah kepiting dengan berbagai kuah yang menggoyang lidah Anda. jika Anda penasaran dan belum pernah mengunjungi Kalimantan, Anda bisa membuka situs Traveloka Eats, di situ akan ditemukan banyak sekali kebutuhan kuliner di Indonesia terutama.

Kendati demikian, Anda juga perlu mengunjungi Dandito Resto yang berlokasi di Jalan M. Iswahyudi, Gunung Bakaran, Balikpapan, untuk memastikan betapa lezatnya olahan utama menu kepiting ini. Kelebihan dari Dandito Resto ini adalah taburan kuah saus yang disiram diatas kepiting yang bervariasi, mulai dari kepiting rasa saus dandito hingga kepiting saus tiram.

Riwayat menu utama kepiting saos dandito

Menurut beberapa orang, Dandito Resto sudah disinggahi oleh banyak sekali artis hingga Bapak Menteri Agung Laksono singgah untuk menikmati betapa nyaman dan lezatnya sajian kepiting di tempat ini. Diantara mereka memang mengacungkan jempol untuk menu kepiting saos dandito sebagai menu spesial utama. Pemilik Resto Dandito ini bernama Bapak Rudy Setiawan. Memulai bisnis kuliner di awal mengalami banyak kendala, terutama dalam mengolah rasa kepiting. Beliau mengatakan bahwa banyak bumbu yang sudah biasa disajikan oleh restoran lain namun belum ada yang khas untuk Dandito. Maka, beliau terus mengadakan percobaan bumbu spesial untuk sajian kepiting hingga menemukan saus kepiting Dandito yang nikmat namun tidak membuat bosan.

Ciri khas dari menu kepiting saos dandito ini adalah warna merahnya yang menggoda namun di dalamnya terasa rempah nusantara yang cukup kencang. Racikan dari jahe merah, bawang merah, cabe merah, tomat merah, gula merah, saus dan beberapa bumbu tambahan lainnya menjadikan saus ini berwarna merah. Jika Anda sekali saja mencicipi menu utama ini, Anda akan merasakan ada rasa manis, pedas, hangat, gurih dan legit. Bapak Rudy memang tidak membocorkan resep bumbu rahasia ini kepada orang lain karena sudah menjadi resep keluarga yang juga merupakan daya tarik dari tempat ini. Untuk sajian kepiting, Dandito Resto tetap menyajikan menu lain guna pelengkap teman makan di meja seperti kepiting lada hitam, kepiting saus tiram, kepiting rebus masak tim, kepiting asam manis, kepiting asparagus dan sebagainya.

Jenis dan Harga Kepiting Dandito

Di Dandito Resto menyediakan 3 jenis kepiting yaitu kepiting jantan, kepiting telur dan kepiting soka. Untuk kepiting soka ini memang sedikit mahal dibandingkan yang lain, karena kepiting ini diambil ketika sedang berganti kulit cangkang. Memang membutuhkan waktu tertentu ya, tapi dengan kesabaran inilah Anda akan merasakan cangkang lunak kepiting hingga habis tak tersisa. Untuk harga kepiting tergantung dari porsi yang Anda pesan, misalnya 1 porsi dengan kepiting jantan harga bekisar Rp. 120.000-an dengan isi 2-3 ekor kepiting. Sedangkan untuk kepiting soka harga bekisar Rp. 100.000-an dan kepiting telur bekisar Rp. 125.000-an. Ada juga menu murah meriah yaitu pepes kepiting dengan harga sekitar Rp. 17.000 per bungkus dan abon kepiting dengan harga sekitar Rp. 25.000 / bungkus.

Jika Anda menghendaki menu sayuran penetral kolesterol, Dandito Resto siap selalu menyajikannya seperti ca tauge, ca kangkung dan ca sawi. Menggiurkan bukan? (adv)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.