Segmen I Jalan Tol Manado-Bitung Sudah 40,41 Persen
Senin | 19 Februari 2018 | 16.13 WIB

Hallo.id, Manado - Pengerjaan konstruksi fisik tol Manado-Bitung segmen I sepanjang 14 kilometer mencapai 40,41 persen.

"Terjadi kelebihan progres sebesar 0,26 persen dari target, progres ini akan dipertahankan dalam rangka mengejar target-target yang ada," kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Sulut-Gorontalo Riel Mantik di Manado, Minggu (18/2/2018).

Bila kemajuan terus menunjukkan kecenderungan positif, Riel optimistis target pengerjaan fisik selesai akhir 2018 ini.

"Kita terus melakukan percepatan-percepatan sehingga bisa selesai sesuai target. Apalagi pembangunan tol Manado-Bitung menjadi salah satu proyek strategis nasional yang harus diselesaikan," kata Riel.

Dia menungkapkan tidak menemui kendala dalam pengerjaan fisik tol, kecuali hujan intensitas cukup tinggi. "Mudah-mudahan cuaca panas bisa berlangsung di pekan ke depan, sehingga bisa dilakukan pengecoran terhadap konstruksi penyangga jembatan termasuk pemadatan tanah," kata dia.

Manado-Bitung yang melintasi Kabupaten Minahasa Utara itu dikerjakan dalam dua segmen di mana segmen I dikerjakan pemerintah, sedangkan segmen II dikerjakan oleh PT Jasa Marga Manado-Bitung.

Proyek fisik di segmen I relatif lebih sulit karena kontur tanah berbukit, bahkan untuk melintasi daerah aliran sungai Tondano harus dihubungkan dengan jembatan sepanjang ratusan meter. (kap)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.