Seleksi Kepala P4TIK Masuki Tahap Tes Pembuatan Makalah
Kamis | 7 Desember 2017 | 16.58 WIB

Hallo.id, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar seleksi lanjutan jabatan Kepala Pusat Penelitian dan Pengkajian Perkara, Pengelolaan Teknologi Informasi Komunikasi (P4TIK), Rabu (6/12/2017). Tahap tes hari ini, yakni pembuatan makalah yang dilaksanakan di Ruang Delegasi MK.

Kepala Biro Umum dan Keuangan MK Mulyono berharap acara tersebut dapat berjalan lancar dan sukses. Mulyono memberitahukan jika makalah on the spot akan mengangkat tema mengenai optimalisasi P4TIK dalam internal MK.

“Untuk pembuatan makalah, saya berpesan agar peserta tidak membawa catatan maupun buku catatan,” jelasnya.

Dalam tes pembuatan makalah, hadir juga penguji Dosen FH Universitas Indonesia Winarno Yudho yang berpesan agar peserta bekerja keras supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Winarno menyebut tidak semua peserta bisa lolos semua, meski demikian, bukan berarti yang tidak lolos adalah tidak bagus.

“Yang sudah lolos hingga tahap ini adalah orang pilihan. Namun pada akhirnya hanya satu yang dapat mengisi jabatan ini,” jelasnya.

Sebelumnya, MK telah mengadakan tes kompetensi manajerial, Senin (4/12/2017) bertempat di PPM Center, Menteng. Pesertai tes berjumlah enam orang. Lima peserta berasal dari internal MK, yakni Wiryanto, Sigit Purnomo, Imam Margono, Teguh Wahyudi, serta Heru Setiawan. Satu peserta berasal dari luar MK yaitu Abdul Ghofar.

Pasca tes kompetensi manajerial dan makalah, peserta akan mengikuti tes terakhir wawancara, Senin (12/12/2017) di Gedung MK. Setelahnya, barulah akan diumumkan peserta terpilih yang akan menjabat Kepala P4TIK.

Pusat Penelitian dan Pengkajian Perkara, Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengkajian perkara, pengelolaan perpustakaan, serta pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi mempunyai fungsi: penelitian; pengkajian perkara; penyiapan konsep pendapat hukum; penyusunan penafsiran putusan Mahkamah Konstitusi terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; penyusunan yurisprudensi; penyusunan kaidah hukum; pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan putusan Mahkamah Konstitusi; pengelolaan perpustakaan; pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi; dan pelaksanaan ketatausahaan pusat. (nwi)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.