Ayla Turbo
Selasa | 14 Agustus 2018 | 9.13 WIB

Hallo.id, Tangerang – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memanfaatkan Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 kemarin untuk meluncurkan mobil konsep Ayla Turbo. Mobil ini disebut konsep karena memang belum dipasarkan secara resmi alias sebatas perkenalan saja.

“Jadi sebenarnya kali ini kami bikin Ayla Turbo yang pertama. Kita itu Research and Development (RnD) mau menunjukkan sisi yang lain dari RnD. Kami melakukan study sekaligus mengalami kepengen tahu susahnya bikin mobil balap. Jadi seblum memasukan big power itu (turbo) apa yang harus kami pikirkan,jadi banyak analisa yang kita lakukan,” ujar Chief Designer ADM sekaligus perancang Ayla, Mark Yoshua Widjaja, kepada Carmudi, Rabu (8/8) di arena GIIAS 2018 di ICE, BSD City, Tangerang.

Pemilihan model Ayla bukan tanpa alasan untuk dimodifikasi bergaya racing dan ditambah turbo, Mark menganggap bahwa city car juga bisa dimodifikasi bergaya apapun termasuk racing.

“Kita menganggap Ayla ini sangat menarik karena selama ini Ayla diangap hanya LCGC yang enggak bisa diapa-apakan. Orang juga bilang, Ayla mobil feminim yang hanya digunakan untuk ibu-ibu ke pasar atau mengantar anaknya ke sekolah. Dulu saya Pernah katakan Ayla ini desainya netral enggak kemana-mana basic desain-nya karena saya desainernya, jadi ini cantik. Karena basic mobil ini mudah di arahkan kemana-mana kali ini di transformasi ke gaya balap,” terang Mark.

Sejak pertama dipamerkan, Mark mengaku ada banyak pengunjung GIIAS 2018 kemarin yang antusias merespon tampang baru Ayla ini. “Jadi konsumen yang datang ada yang berkata ini bukan ayla. Mereka merasa ini (Ayla Turbo) sesuatu yang baru, nah ini kita senang karena tujuan kita tercapai,” papar Mark.

Mampu Keluarkan Tenaga Hingga 200 PS

Perbedaan utama jika dibandingkan Daihatsu Ayla standar terletak pada komponen turbo yang dibenamkan di balik kap mesin. Spesifikasi standarnya sendiri, Daihatsu Ayla dibekali mesin 3NR-VE,DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc dan diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 88 PS/6.000 RPM dan torsi puncak hingga 108 Nm/4.200 RPM.

Ketika Daihatsu Ayla dipasangi komponen turbo serta aksesori lain di mesinnya tersebut. Dengan itu, berdasarkan hasil test dyno yang dilakukan oleh pihak PT ADM, Daihatsu Ayla turbo mampu keluarkan tenaga sebesar 200 PS dan torsi 242 Nm.

Selain turbo, faktor lain yang membuat mobil bergaya racing ini semakin kencang adalah beratnya yang sudah dikurangi. Beberapa aksesori mobil dilepas, terutama dibagian interior. Dengan begitu, konsep racing dan karakternya jadi semakin kuat sekaligus mengurangi berat mobil.

“Kita buang yang tidak perlu tapi maksimalkan membuat mobil ini menjadi dramatis jadi kita mau konsep kita jelas. Jadi ini mobil balap tidak ada audio di dalamnya AC pun kita copot, bahkan kisi-kisi AC kita copot. Sisanya juga beberapa part yang menempel di sana (Ayla Turbo) dilepas semuanya. Sehingga dekat dengan race walaupun bukan mobil yang akan turun di arena balap,” ungkap Mark.

Bagian eksterior Ayla Turbo juga mengalami beberapa rombakan terutama pada bumper depan. Bumper asli Ayla diganti dengan desain yang baru. Selain itu, bagian samping mobil bertuliskan “Ayla Turbo”. 

“Desain bumper diganti, kenapa bumpernya diganti ada alasannya karena dengan bumper yang skarang kita enggak bisa pasang intercooler jadi kita harus ganti. Kalau hanya ganti kan sayang jadi kita desain ulang. Kemudian yang di kiri dan kanan ada air duck itu nanti berfungsi untuk mendinginkan rem,” jelas dia.

Walaupun antusias pengunjung melihat Ayla Turbo cukup tinggi, namun pihak Daihatsu belum mau untuk memproduksinya dan memasarkan secara umum.

“Mungkin harus melakukan riset mendalam, tapi hingga hari ini saya memastikan belum ada rencana ke sana (produksi) karena kalau animonya besar enggak mungkin enggak diproduksi sama Daihatsu. Jadi untuk sementara waktu belum ada planning ke sana (produksi),” pungkas Mark.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.