Jokowi - Mahathir Muhammad
Rabu | 11 Juli 2018 | 8.18 WIB

Hallo.id, Jakarta - Bulan lalu, tepatnya pada 28 Juni 2018, Indonesia kedatangan tamu penting, Perdana Menteri (PM) Malaysia yang baru terpilih, Mahathir Mohamad. 

Kedatangan tamu negara tetangga ini dimanfaatkan dengan baik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk duduk bersama membahas rancangan kerjasama antar kedua negara di masa mendatang. 

Pertemuan berlangsung secara tertutup di Istana Bogor, Jawa Barat, kemudian dilanjutkan dengan acara jumpa pers bersama sejumlah media.

Dalam sambutan pembukaannya, Presiden Jokowi mengaku sangat bangga karena Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Mahathir Mohamad usai resmi menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia untuk kedua kalinya.

“Saya ingat betul tahun 2015 saat saya berkunjung ke Malaysia, saya diajak test drive mobil Proton yang disetiri sendiri oleh Bapak Tun Mahathir dengan kecepatan 180 kilometer per jam. Saat itu saya tidak khawatir karena drivernya adalah Bapak Tun mahathir. Kalau semisal drivernya bukan beliau saya kira saya takut,” kenang Jokowi.

Kenangan tersebut sekaligus menjadi kunci teka-teki dari kelanjutan rencana kolaborasi Malaysia dan Indonesia dalam membangun sebuah merek kendaraan yang sempat didengungkan tahun 2015 lalu.

Mahathir pun membocorkan bahwa meski sempat terhenti, di masa depan rencana ini akan berlanjut. Dan bila terjadi, mobil tersebut tidak hanya akan dijual di Malaysia dan Indonesia, tapi juga ke beberapa negara tetangga. 

“Kita sudah berbincang kemungkinan membangun kereta (mobil) Malaysia-Indonesia yang boleh diguna oleh negara di ASEAN. Tetapi karena sebab-sebab tertentu saat itu, kita tidak dapat teruskan dengan proyek ini. Tetapi sekarang ini kita berhajat untuk menghidup semula (lagi) proyek ini,” jelas Mahathir.

Dengan terpilihnya Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri baru Malaysia, kesempatan untuk mewujudkan rencana bersama ini semakin terbuka lebar. Bersiaplah menyambut hadirnya merek baru perkawinan dua negara sahabat dekat ini.

 

Sumber: Carmudi.co.id


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.