Gaun maxi yang cenderung terlalu kasual tergantung pada bahannya, potogan midaxi disebut selalu bisa diandalkan untuk tetap tampil sopan atau formal.
Senin | 29 April 2019 | 14.14 WIB

Hallo.id, Jakarta – Midaxi adalah tren potongan jahitan keliman gaun atau rok antara maxi dan midi, yakni tepat di atas pergelangan kaki dan satu inci lebih rendah dari pertengahan betis.

Sejumlah desainer mengeluarkan koleksinya tahun ini dengan menerapkan potongan ini.

Sebut saja Alexander McQueen yang mengikuti tren midaxi lewat luxe rajut, Marc Jacobs lewat gaun tebal warna mint.

Situs belanja fesyen Net-a-Porter melaporkan penjualan gaya midaxi naik tahun lalu dengan dipimpin oleh Rotate dari Birger Christensen yang mengeluarkan gaun rajut metalik, Rixo dengan gaya Martha dan rok sutera Chloe.

Santai tapi tetap sopan

Berbeda dengan gaun maxi yang cenderung terlalu kasual tergantung pada bahannya, potogan midaxi disebut selalu bisa diandalkan untuk tetap tampil sopan atau formal.

“Potongan midaxi benar-benar bagus dan merupakan investasi di dalam lemari pakaian yang hebat,” kata Henrietta Rix, salah satu dari duo desainer Rixo, merek yang telah lama memuji keutamaan midaxi.

“Setiap kali saya buru-buru dan perlu melakukan sesuatu di pagi hari dan pengin tetap tampil oke, saya selalu pilih pakai gaun midaxi Ariel, Coleen atau Tonya – mereka bagus untuk dipakai ke kantor, karena tidak terlalu berlebihan dan tetap cocok dipakai ke pesata malam hari.”

Ganni adalah merek lain yang telah lama percaya pada kekuatan midaxi. Gaun motif bunga yang menjuntai ke ujung berpotongan asimetris di bawah adalah terlaris di Net-A-Porter.

Direktur kreatif Ganni Ditte Reffstrup mengatakan midaxi sangat praktis.

“Anda bisa bersepeda di sekitar kota dan tetap PD karena panjangnya pas.”

Kontributor editor fesyen Harper’s Bazaar Florrie Thomas menyebut midaxi sangat menawan karena potongannya tepat di atas pergelangan kaki di mana merupakan bagian tubuh paling langsing dari manusia.

“Beda dengan rok midi yang potongannya di tengah betis dan justru menonjolkan bagian terlebar kaki.”

Gaya midaxi juga menawarkan romantisme dan gaya yang lebih feminin. Selain itu potongan midaxi bisa membuat alas kaki tampak menonjol, jadi tinggal pilih saja mau tampil formal atau santai.

“Kalau pengin tampil tak terlalu formal untuk gaya musim panas ini, tinggal padukan midaxi dengan sendal,” kata Thomas, Harper Bazaar dikutip Minggu (28/4/2019). (ida)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.