Hamburger adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya di ambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay.
Senin | 1 Oktober 2018 | 14.17 WIB

Hallo.id, Jakarta – Burger tergolong makanan praktis, kendati tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara meramu burger yang benar-benar enak.

Berikut adalah tips dari Paula Disbrowe, resident grilling sherpa dan penulis buku memasak terbaru, Any Night Grilling, yang akan membuat burger buatan Anda semakin wah. 

1.  Kualitas daging untuk kualitas maka

Gunakan daging yang baru digiling demi menciptakan tekstur yang lebih ringan. Pilih campuran 80/20 persen campuran antara ground chuck (sampil), bagian dari leher hingga bahu sapi dan lemak.

Untuk burger ayam atau kalkun, carilah daging paha bukan daging dada –atau menambahkan parutan zucchini ke dalam campuran (trik Yotam Ottolenghi) untuk menambahkan kelembapan. Carilah jenis ternak yang dibudidayakan dari peternakan tertentu. 

2.  Jangan terlalu memaksa

Untuk hasil juicy (sari daging), gunakan tangan yang lembut saat menggabungkan varietas daging dan membentuk patties—adonan berlebihan membuat patty keras dan padat. 

3.  Bentuk dengan benar

Belajar dari trik tak ternilai dari burger explorations dalam bukunya The Food Lab, J. Kenji López-Alt. Pastikan diameter patty yang belum dimasuk berukuran setengah inci (1,3 cm) lebih besar dari roti agar tidak tenggalam dalam roti.

Kemudian, buat lekukan kecil di tengah patty dengan jempol untuk mencegah daging berkontraksi dan menggembung di bagian tengah, mengutip The Week, Minggu (30/9/2018) .

4.  Bumbui dengan baik—Namun hanya di bagian luar saja

Beri garam dan lada ke dalam daging saat Anda membentuk patty agar menghasilkan tekstur yang padat dan kenyal, karena garam mulai melarutkan protein dalam daging, menyebabkan mereka saling bersilangan.

Dapatkan ini dengan membumbui di bagian luar patty, namun lakukan dengan berlimpah (tip lain dari Kenji).

5.  Balikkan dengan baik

Sering membalik (dan memindahkan burger ke bagian dingin dari dua zona api, jika diperlukan, untuk menghindari nyala api) memasak kedua sisi secara bersamaan dan membantu memasak daging lebih merata.

Apa pun yang Anda lakukan, tahan dorongan untuk menekan burger dengan spatula, karena ini mengeluarkan aroma. 

6.  Istirahatkan

Membiarkan patty untuk beristirahat selama beberapa menit memungkinkan sari daging panas mengendap dan menghasilkan rasa dan tekstur yang lebih memuaskan. (ant)


Hallo, untuk kerjasama dengan redaksi Hallo.id, dan jaringan media digital Hallo Media Network (HMN), hubungi Email :
redaksi@hallo.idredaksihallo@gmail.com
WhatsApp Center : 0853-15557788, 0819-15557788. Tks.